Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

BPBD Tuban Tegaskan Tak Ada Kerusakan Akibat Gempa
Jum'at, 20-09-2019 | 12:36 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, menyatakan dampak gempa yang terjadi Kamis (19/9) siang kemarin tidak menimbulkan kerusakan maupun korban.

Berdasarkan data BMKG, gempa tektonik terjadi dua kali, pada pukul 14.06 dengan magnitudo 5,6 skala richter dan pukul 14.31, dengan magnitudo 6 skala richter, pada kamis siang kemarin. Pusat gempa berada di barat laut sekitar 58 kilometer wilayah Kabupaten Tuban, pada kedalaman 648 kilometer.

Guncangan sebesar tiga MMI itu cukup membuat perabot seperti meja, kursi, serta lemari bergoyang selama beberapa detik. Neski demikian tidak ada kerusakan yang diakibatkan, baik pada tembok maupun lantai bangunan.

Menurut Plt Kepala Pelaksana BPBD Tuban, Emil Pancoro, gempa yang terjadi dua kali tersebut justru tak begitu terasa di Tuban. "Namun sebaliknya, terasa di sejumlah daerah yang jauh dari pusat gempa, seperti Jawa Tengah, Jogja, Bali bahkan hingga Lombok," kata Emil Pancoro.

Meski demikian, setelah pihak BPBD setempat melakukan assesment di lapangan serta koordinasi dengan pihak kecamatan dan desa, tidak ditemukan satupun bangunan yang mengalami kerusakan serta korban luka maupun korban jiwa akibat gempa ini.

Selain itu, BPBD Tuban juga menghimbau kepada masyarakat agar jangan terpengaruh berita-berita hoax yang marak di media sosial, seperti gempa susulan dan air laut yang surut.

"Masyarakat diminta lebih cermat mencari sumber informasi dan selalu memantau perkembangan di website maupun media sosial BMKG dan BPBD setempat," imbuhnya. (yos)

Berita Terkait


BPBD Tuban Tegaskan Tak Ada Kerusakan Akibat Gempa

Warga Pesisir Utara Tuban Tak Merasakan Gempa

Gempa Guncang Perairan Utara Tuban


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber