Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Hera Widyastuti, Pakar Transportasi ITS
Human Error Jadi Faktor Dominan Kecelakaan di Surabaya
Jum'at, 20-09-2019 | 08:10 wib
Oleh : Atiqoh Hasan
Surabaya pojokpitu.com, Tingginya angka kecelakaan di Surabaya ditengarai adanya kelalaian pada pengendara. Namun, kurang teraturnya marka atau adanya jalan bergelombang di sejumlah daerah di Surabaya, juga turut menjadi penyebabnya.

Hera Widyastuti, Pakar Transportasi ITS menyebut, faktor dominan kecelakaan di Surabaya adalah human error, lantaran masyarakat tak taat rambu lalu lintas.

"Namun tak seluruhnya yang mentaati aturan justru terhindar dari kecelakaan. Karena, umumnya kecelakaan disebabkan oleh multifaktor," kata Hera Widyastuti.

Kondisi jalanan Surabaya yang bergelombang, serta sejumlah marka yang dinilai tak tepat dalam peletakkannya, turut menjadi pemicu tingginya angka kecelakaan.

Namun tak seluruhnya jalan bergelombang dan jalan lubang merupakan milik Pemkot Surabaya. "Seperti jalan kalianak, status kepemilikannya justru milik Pemprov Jatim. Akibatnya yang terimbas adalah warga Surabaya," ujar Hera Widyastuti, Pakar Transportasi ITS.

Hera mengakui jika kondisi jalan Surabaya sudah cukup bagus. Hanya saja, pengenalan dan pemahaman rambu-rambu lalu lintas pada masyarakatnya masih kurang.

Sehingga, sosialisasi melalui karang taruna, maupun kelurahan patut digalakkan. "Memiliki SIM saja tidak cukup, jika belum memahami dan menguasai rambu-rambu lalu lintas," tuturnya. (yos)

Berita Terkait


Human Error Jadi Faktor Dominan Kecelakaan di Surabaya


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber