Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Gempa Guncang Perairan Utara Tuban
Kamis, 19-09-2019 | 17:25 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Wilayah perairan utara Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Kamis (19/9) siang, diguncang dua kali gempa tektonik. Gempa berkekuatan magnitudo 5,6 dan 6 skala richter itu sebagian masyarakat pesisir yang sedang ebraktifitas dalam ruangan.

Bahkan petugas badan meteorologi klimatologi dan geofisika yang sedang memantau terjadinya gempa sempat berhamburan keluar kantor, karena ketakutan.

Ketegangan terasa di kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban, Kamis (19/9) siang. Para karyawan sempat berhamburan lari keluar gedung karena merasakan guncangan gempa.

Guncangan sebesar tiga MMI itu cukup membuat perabot seperti meja, kursi, serta lemari bergoyang selama beberapa detik. Meski demikian tidak ada kerusakan yang diakibatkan, baik pada tembok maupun lantai bangunan.

Namun kepanikan hanya berlangsung beberapa menit. Setelah situasi reda, mereka kembali masuk ruangan untuk bekerja memantau gempa.

Desindra Deddy Kurniawan, Kepala BMKG Tuban, mengatakan, berdasarkan analisis BMKG, gempa tektonik terjadi dua kali, pada pukul 14.06 dengan magnitudo 5,6 skala richter dan pukul 14.31, dengan magnitudo 6 skala richter.

"Pusat gempa berada di barat laut sekitar 58 kilometer wilayah Kabupaten Tuban, pada kedalaman 648 kilometer," kata Desindra

Hingga kini BMKG masih terus berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Tuban, untuk memantau dampak terjadinya gempa. Belum ada laporan kerusakan. Gempa dipastikan tidak berpotensi menimbulkan tsunami, sehingga masyarakat diharap tenang. (yos)

Berita Terkait


BPBD Tuban Tegaskan Tak Ada Kerusakan Akibat Gempa

Warga Pesisir Utara Tuban Tak Merasakan Gempa

Gempa Guncang Perairan Utara Tuban


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber