Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Perlintasan Berpalang Pintu di Wilayah Daop VIII Masih Minim
Kamis, 19-09-2019 | 07:24 wib
Oleh : Ainul Khilmiah
Surabaya pojokpitu.com, Jumlah perlintasan sebidang tak berpalang pintu di wilayah daop VIII, terhitung masih banyak. Jumlah tersebut, turut menyumbang angka kecelakaan di perlintasan kereta api. PT KAI Daop VIII sendiri berencana akan menutup sejumlah perlintasan tak berpalang yang terhitung tidak resmi.

Banyaknya perlintasan sebidang yang tidak berpalang dan tidak dilengkapi dengan penjagaan, ikut menyumbang angka kecelakaan lalu lintas kereta api di wilayah Daop VIII Surabaya.

Dari data PT. KAI wilayah Daop VIII, terhitung dari 568 titik perlintasan kereta api sebidang, hanya ada 164 titik perlintasan yang telah dilengkapi dengan palang pintu dan petugas penjaga, selebihnya 464 perlintasan, dibiarkan tidak berpalang pintu.

PT. KAI Daop VIII sendiri berencana untuk menutup sejumlah perlintasan kereta api yang tidak berpalang dan terhitung tidak resmi. Meski begitu, belum diketahui jumlah pasti perlintasan tidak resmi di wilayah PT. KAI Daop VIII.

Perlintasan sebidang sendiri dikenal seringkali terjadi kecelakaan lalu lintas. Angka kecelakaan lalu lintas di perlintasan sebidang di wilayah Daop VIII Surabaya sendiri pada dasarnya terhitung menurun dari tahun ke tahun.

Di tahun 2017, terjadi 62 kasus, pada tahun 2018 menjadi 51 kasus, sementara pada tahun 2019 hingga bulan Mei, terhitung ada 17 kasus. Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan di perlintasan kereta api khususnya di perlintasan sebidang, PT KAI Daop VIII menggencarkan sosialisasi tertib berlalu lintas.

Menurut Suprapto, Humas PT. KAI Daop VIII Surabaya, kesadaran masyarakat jauh lebih menentukan dari perlengkapan seperti palang pintu.

Pihaknya menghimbau, agar masyarakat lebih waspada saat melewati perlintasan kereta api, khususnya perlintasan sebidang yang seringkali memakan korban.(end)

Berita Terkait


Suro Telah Usai, Selanjutnya Walikota Madiun Ajak Jaga Kamtibmas

KPU Mulai Sosialisasi Pencalonan kepala Daerah Perseorangan

Tekan Angka Kecelakaan, Warga Kemiri Ciptakan Kampung Tertib Lalu Lintas

Kurang Fokus Sebabkan Kecelakaan di Jalanan


Tradisi Sedekah Bumi Larung Gunungan di Waduk Pacal dan Sosialisasi Gemar Ikan

Berkurban Sambil Bersosialisasi di Kampung Sakinah

BPJS Sosialisasikan Progam Bagi 28 Kecamatan Bojonegoro

Minimnya Penggunaan Bahasa Indonesia di Media Luar Ruang, Balai Bahasa Gerakan Sosialisasi

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber