Berita Terbaru :
Usai Lebaran Harga Bawang Merah Capai Rp 41 Ribu
Bursa Transfer: Pogba ke Juventus, Eks Pelatih Milan ke MU
Rapid Tes di Warkop, Seorang Pengunjung Dinyatakan Reaktif
   

Kata Pakar Hukum Pidana : Pembunuh Begal tetap Harus Ditahan
Malang Raya  Rabu, 18-09-2019 | 07:21 wib
Reporter : Khaerul Anwar
Malang pojokpitu.com, Kasus pembunuhan begal yang ditemukan di wilayah Gondanglegi Kulon, Kecamatan Gondanglegi dengan pelaku yang masih di bawah umur, tetap harus ditahan.

Hal itu disampaikan DR WP Djatmiko pakar hukum pidana Universitas Diponegoro yang mengapresiasi kinerja Unit Pelayanan Perempuan dan anak Polres Malang. DR WP Djatmiko memohon tetap menahan pelaku guna menghindari ancaman dari luar.

Kanit UPPA Satreskrim Polres Malang tidak ingin mengambil tindakan yang salah dalam menangani kasus yang berhubungan dengan anak di bawah umur. Serta masyarakat sudah menghakimi hal itu merupakan bentuk pembelaan diri.

Tindakan pembelaan diri diungkapkan Pakar Hukum Pidana, jika pelaku begal bersenjata dan mengancam keselamatan korban. Namun, akan berbeda jika pelaku begal tidak membawa senjata apapun dan hanya mengancam secara verbal. Dalam hal ini, pelaku anak, ZA (17) warga Putat Lor yang membunuh begal, dimungkinkan sengaja menyiapkan pisau untuk membunuh pelaku. Dalam hal ini UPPA Satreskrim Polres Malang telah menetapkan tersangka kepada pelaku, meskipun sebagai tahanan luar.

Hal itu disayangkan Pakar Hukum Pidana, yang menurutnya pelaku harus ditahan. "Ini guna memberikan rasa aman terhadap nyawa pelaku dari ancaman luar, dan harus mendapatkan tes kejiwaan," kata DR Wp Djatmiko.

Seperti diberitakan, pelaku sudah menikah di usia 17 tahun dan sudah memiliki seorang anak itu, memergoki begal. Pelaku yang mengetahui segera menyiapkan sajam untuk menghabisi nyawa pelaku begal.

Kini, atas pemeriksaan dari saksi ahli hukum pidana, pihak UPPA Satreskrim Polres Malang tetap akan mengambil tindakan hukum terhadap pelaku. (pul)

Berita Terkait

Kata Pakar Hukum Pidana : Pembunuh Begal tetap Harus Ditahan
Berita Terpopuler
Rapid Tes di Warkop, Seorang Pengunjung Dinyatakan Reaktif
Kesehatan  3 jam

Bursa Transfer: Pogba ke Juventus, Eks Pelatih Milan ke MU
Sepak Bola  2 jam

Usai Lebaran Harga Bawang Merah Capai Rp 41 Ribu
Ekonomi Dan Bisnis  49 menit



Cuplikan Berita
Dua Balita Warga Ngagel Reaktif Positif Covid 19
Pojok Pitu

Satu Keluarga Tersapu Ombak, Satu Orang Tewas, Satu Lagi Hilang
Pojok Pitu

Ini Syarat Kuota Khusus Untuk Putra-Putri Tenaga Kesehatan Covid 19
Jatim Awan

Klaster Gowa Menambah Jumlah Kasus Positif Covid-19 di Bondowoso
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber