Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Tekan Angka Kecelakaan Kereta Api, PT Kai Daops IX Sosialisasi di Perlintasan
Selasa, 17-09-2019 | 21:15 wib
Oleh : Felli Kosasi
Jember pojokpitu.com, Guna menekan angka kecelakaan di perlintasan kereta api sebidang, PT Kai Daops IX Jember menggelar sosialisasi di perlintasan. Sasaran sosialisasi ini adalah para pengguna jalan agar lebih awas dan waspada ketika menyebrang perlintasan kereta api.

Ada enam titik di 2 kabupaten wilayah kerja Daops IX Jember yang dilakukan sosialisasi kesadaran hendak menyebrang perlintasan kereta api sebidang.

Melihat fakta tersebut, PT KAI Daop IX Jember bersama instansi-instansi terkait melakukan sosialisasi di perlintasan sebidang di 6 titik perlintasan di 2 kabupaten yang sering terjadi kecelakaan. 3 titik di Kabupaten Jember JPL 163, JPL 162, serta JPL 125 dan 3 titik di wilayah Kabupaten Banyuwangi, JPL 19, JPL 17, serta JPL 9.

Dalam kesempatan ini, PT KAI Daop IX Jember menggandeng pihak kepolisian, serta Dinas Perhubungan Kabupaten Jember.  Tak hanya imbauan untuk mematuhi aturan di perlintasan sebidang, di lokasi tersebut pihak kepolisian juga melakukan penegakan hukum.

Joko Widagdo, Vice President Pt Kai Daops Ix Jember, menjelaskan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan kesadaran masyarakat untuk menaati aturan lalu lintas di perlintasan sebidang semakin meningkat.

"Sebab, pelanggaran lalu lintas di perlintasan sebidang tidak saja merugikan pengendara jalan tetapi juga perjalanan kereta api," kata Joko Widagdo.

Joko Widagdo, menamnahkan, hingga September 2019 ini saja sudah terjadi sembilan kali kecelakaan di perlintasan yang diduga kelalaian pengguna jalan.

Sementara itu, bagi pengguna jalan aksi sosialisasi ini mengagetkan karena baru pertama kali dilakukan di perlintasan. Para pengguna jalan diajak untuk lebih paham dan waspada ketika melintas perlintasan hendaklah menengok kanan dan kiri terlebih dahulu.

Perlu diketahui, perlintasan sebidang merupakan perpotongan antara jalur kereta api dan jalan yang dibuat sebidang. Perlintasan sebidang tersebut muncul dikarenakan meningkatnya mobilitas masyarakat menggunakan kendaraan yang harus melintas atau berpotongan langsung dengan jalan kereta api.

Tingginya mobilitas masyarakat dan meningkatnya jumlah kendaraan yang melintas, memicu timbulnya permasalahan yaitu terjadinya kecelakaan lalu lintas di perlintasan sebidang. (yos)

Berita Terkait


PT. KAI Sosialisasikan Keselamatan Berlalulintas di Rel Tanpa Palang Pintu

Tekan Angka Kecelakaan Kereta Api, PT Kai Daops IX Sosialisasi di Perlintasan


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber