Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Manipulasi Laporan Proyek Dana Desa, Oknum Kades di Jombang Ditahan
Selasa, 17-09-2019 | 17:24 wib
Oleh : Saiful Mualimin
Jombang pojokpitu.com, Seorang oknum kepala desa dijebloskan ke tahanan oleh kejaksaan negeri jombang. oknum kades ini diduga melakukan korupsi dana desa yang di peruntukan untuk pembangunan tempok penahan tanah. Dalam aksinya, ia memanipulasi laporan proyek yang tidak pernah ada.

Adalah Pranajaya, oknum Kades Dukuh Mojo  Kecamatan Mojoagung Jombang, yang masih menjalani pemeriksaan di Kantor Kejaksaan Negeri Jombang. Oknum kades diperiksa terkait dugaan penyimpangan dana desa pembangunan fisik Tembok Penahan Tanah (TPT) sebesar 278 juta.

Usai menjalani pemeriksaan selama hampir 4 jam, sang kades langsung dijebloskan ke tahanan. Kejaksaan tidak ingin sang kades yang sudah diperiksa ini menghirup bebas. Dengan naik mobil tahanan, tersangka ini langsyung di kirim ke Lapas Pemasyarakatan Kelas 2 B.

Eko Wahyudi, kuasa hukum tersangka, mengakui kliennya memang melakukan  kesalahan. Namun pihaknya berdalih kliennya sudah mengerjakan proyek 80 persen dan tinggal 20 persen tidak dilanjutkan. "Namun karena kejaksaan sudah menahannya, kita akan berkomunikasi dengan  keluarga untuk langkah selanjutnya," ucap Eko Wahyudi.

Syafiruddin, Kepala Kejaksaan Negeri Jombang, mengatakan tersangka diduga melakukan manipulasi laporan pembangunan proyek Tembok Penahan Tanah (TPT) dana desa.

"Pelaku tidak pernah mengerjakan proyek pembangunan, namun menyerap anggaran demi kepentingan pribadinya. Dari hasil pemeriksaan kerugian negara sebesar Rp 278 juta," kata Syarifuddin.

Kejaksaan mengingatkan pada seluruh kepala desa untuk menggunakan seluruh anggaran dana desa sesuai peruntukan. Jangan sampai penyelewengan serupa menjerat kades yang sedang menerima distribusi anggaran dana desa cukup besar. (yos)



Berita Terkait


Manipulasi Laporan Proyek Dana Desa, Oknum Kades di Jombang Ditahan

Mantan Kades Pragelan Bojonegoro Diamankan Polisi

141 Kades Tersangka Korupsi, Belum Termasuk Dua Istri Kades

Diduga Korupsi Dana Desa Kades Ditahan Kejaksaan


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber