Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Hiu paus satwa dengan nama latin Rhincodon Typus dilaporkan terjebak dalam kanal air, atau water intake, di kompleks PLTU Paiton Kabupaten Probolinggo. Foto: Farid Fahlevi
Hiu Tutul Kesasar di Kanal PLTU Paiton, Petugas Kesulitan Evakuasi
Selasa, 17-09-2019 | 13:25 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Kemunculan hiu tutul di perairan utara atau selatan pulau jawa sejak beberapa hari terakhir mulai berdampak. Mulai hiu tutul mati karena terdampar, hingga dilaporkan terjebak di dalam kanal air pembangkit listrik tenaga uap PLTU paiton Kabupaten Probolinggo.

Hiu paus atau warga sekitar menyebut hiu tul-tul itu berenang bebas di kanal atau aliran air PLTU Paiton. Informasi yang dihimpun, hiu tutul mulai terlihat di kanal air sejak Kamis 12 September lalu. Kanal tersebut merupakan kanal utama yang aliran airnya dimanfaatkan oleh 7 dari 8 unit pembangkit listrik di PLTU Paiton.

Namun keberadaan satwa pemakan planton ini sulit dideteksi, karena ukuran tubuh lebih kecil dibandingkan biasanya. Diduga hiu ini terjebak di kanal jenis anakkan, dengan panjang tubuh sekitar 4,5 meter.

Mamalia ini masuk ke kanal melalui pintu PLTU Paiton yang berbatasan langsung dengan laut utara. Tidak berfungsinya jaring, menjadi penyebab hiu tutul tersebut masuk ke dalam kanal.

Menurut Dedi Isfandi, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo, PLTU Paiton bersama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan Seerta Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut, BPSPL, tengah berupaya mengembalikan hiu paus ke laut lepas. "Namun kami kesulitan mengembalikan mamalia langka itu ke tengah laut, sebab arus dalam kanal sangat deras, juga merupakan kawasan berbahaya," kata Dedi.

Diketahui, sejak lima hari terakhir, kawanan hiu tutul muncul di perairan laut utara Probolinggo atau selat Madura. Mamalia ini migrasi ke perairan Indonesia karena faktor cuaca dan ketersediaan pakan yang melimpah. (pul)

Berita Terkait


Hiu Paus di Kanal PLTU Paiton Kondisinya Melemas, Tim Gabungan Siapkan Evakuasi

Hiu Tutul Kesasar di Kanal PLTU Paiton, Petugas Kesulitan Evakuasi

Hiu Tutul Raksasa Terdampar di Pantai Laut Selatan Jember

Kawanan Whale Shark Membuat Satpol Air Rutin Patroli Laut


Banyak Warga Penasaran Ingin Lihat Hiu Tutul

Menteri Susi Pantau Langsung Kondisi Hiu Tutul di Probolinggo

Tim Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut Teliti Hiu Tutul

Nelayan Lepaskan Hiu Tutul Sepanjang 5 Meter yang Terjerat Jaring

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber