Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Keluarkan Bau Busuk, Ipal RPH Dikeluhkan Pengguna Jalan
Selasa, 17-09-2019 | 02:10 wib
Oleh : Andi Nurcholis
Situbondo pojokpitu.com, Diduga keluarkan bau busuk dan over kapasitas, instlasi pengolahan air limbah di rumah potong hewan situbondo dikeluhkan pengguna jalan.

Limbah kotoran dari ternak sapi tersebut meluber hingga mengalir ke sungai saluran irigasi. Pihak Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan mengakui kurangnya volume kapasitas proyek Ipal baru tersebut.

Seperti tempat Instalasi Pengolahan Air Limbah (Ipal) milik rumah potong hewan di Desa Sumber Kolak Kecamatan Panarukan yang sempat mengeluarkan bau busuk. Kurang lebih sepekan terakhir, Ipal kotoran ternak sapi dikeluhkan oleh warga dan pengguna jalan setempat.

Bau busuk sangat terasa disekitar luar kantor RPH tepatnya di saluran irigasi. Diduga over kapsitas, Ipal tersebut meluber dan mengelair ke aliran sungai irigasi.

Muhammad Hasanuddin, Plt Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Situbondo, mengakui jika proyek Ipal RPH tersebut, memiliki kekurangan voleme kapasitas. "Instalasi pengolahan air limba di RPH Situbondo ini sebesar 3 sampai 4 meter kibik," kata Muhammad Hasanuddin.

Sementara idelnya dalam sehari penyembelehan sapi mencapai 15 ekor dibutuhkan ruang pengolahan Ipal sebesar 50 meter kibik. Akibat over kapasitas menjadi pemicu ipal tersebut meluber dan bau busuk menyebar di lingkungan sekitar.

Agar tidak mengeluarkan bau tak sedap, pihak Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan akan segera mengambil langkah cepat. Pihaknya dalam kurung waktu kedepan akan melakukan perbaikan Ipal di RPH untuk bisa berfungsi secara maksimal. (yos)

Berita Terkait


Keluarkan Bau Busuk, Ipal RPH Dikeluhkan Pengguna Jalan

Komisi D Kroscek ke Kementerian LHK Terkait Pencemaran Air Limbah oleh PT PRIA


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber