Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Satriyo Wibowo, Kabid Statistik Distribusi, Badan Pusat Statistik Jawa Timur
Neraca Perdagangan Jatim Surplus 60,12 Juta USD
Senin, 16-09-2019 | 19:23 wib
Oleh : Selvy Wang
Surabaya pojokpitu.com, Setelah sepanjang 2019, neraca perdagangan Jatim selalu terpuruk karena defisit. Untuk pertama kalinya di bulan Agustus lalu mengalami surplus hingga 60,12 juta USD. Nilai surplus ini didorong kinerja sektor ekspor non migas yang surplus hingga 262,71 juta USD.

Untuk pertama kalinya, neraca perdagangan Jawa Timur selama Agustus 2019, akhirnya mengalami surplus sebesar 60,12 juta USD, setelah sepanjang 2019 selalu mengalami defisit. Surplus terjadi karena pada sektor non migas mengalami surplus hingga 262,71 juta USD, lebih besar daripada sektor migas yang defisit sebesar 202,58 juta USD.

Satriyo Wibowo, Kabid Statistik Distribusi, Badan Pusat Statistik Jawa Timur, mengatakan kondisi ini cukup menggembirakan dan menunjukan tren positif.

Sementara itu, untuk nilai ekspor Jatim selama Agustus mencapai 1,89 miliar USD, yang terdiri dari ekspor non migas 1,78 miliar USD dan migas 109,63 juta USD.  Dengan komoditi terbesar yakni emas perhiasan, kayu, serta lemak dan minyak hewan,nabati. Ekspor emas perhiasan terdongkrak kembali sejak masuk pasar Swiss kembali pada bulan Juli.

Sedangkan nilai impor Jawa Timur pada Agustus mencapai 1,83 miliar USD, terdiri dari impor non migas 1,52 miliar USD dan migas 312,21 juta USD. Dengan komositas terbesar yakni golongan mesin pesawat mekanik, besi dan baja, serta plastik.(end)



Berita Terkait


Neraca Perdagangan Jatim Surplus 60,12 Juta USD

Neraca Dagang Indonesia Defisit Terbesar Sepanjang Sejarah

Neraca Perdagangan Jatim Periode Januari - Desember Defisit USD 5,35 Miliar

Jatim Alami Defisit Neraca Perdagangan


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber