Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Info Haji 

Ribuan Bungkus Jamu Tradisional Sitaan Jamaah Haji Dimusnahkan
Minggu, 15-09-2019 | 18:19 wib
Oleh : Ainul Khilmiah
Surabaya pojokpitu.com, Ribuan bungkus jamu tradisional yang disita dari jamaah haji Embarkasi Surabaya, pada Minggu siang, dimusnahkan. Pemusnahan yang dilakukan di hari terakhir pemulangan jamaah haji ini, sekaligus untuk memberikan efek jera, agar tahun depan, jamaah haji tidak lagi membawa barang bawaan yang dilarang.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surabaya Minggu siang tadi memusnahkan ribuan bungkus jamu tradisional berbagai merek. Pemusnahan dilakukan dengan membakar langsung tiga karung jamu tradisional yang disita dari jamaah haji selama proses pemberangkatan berlangsung.

Jamal, Sekretaris PPIH Debarkasi Surabaya menyatakan, pemusnahan tersebut dilakukan untuk memberikan efek jera bagi para jamaah haji, agar tahun depan, jamaah haji lebih tertib dan tidak membawa barang-barang yang memang tidak diperbolehkan.

"Barang sitaan yang dimusnahkan PPIH Debarkasi, yakni jamu tradisional. Sementara untuk rokok yang disita, akan dilelang dan hasilnya akan disumbangkan ke lembaga sosial yang membutuhkan. Begitupun ratusan handy talky yang disita, akan dikembalikan ke KBIH masing-masing disertai peringatan agar tidak mengulangi hal yang sama," tutur Jamal. 

Pemusnahan ini dilakukan bersamaan dengan pemulangan kloter 85, yang menjadi penutup dalam proses pemulangan jamaah haji Debarkasi Surabaya. Sejumlah 383 jamaah haji asal Sidoarjo dan Pamekasan tersebut tiba di Asrama Haji Debarkasi Surabaya pada pukul 9 Minggu pagi tadi.

Sementara itu, hingga saat ini 8 orang jamaah haji, masih dirawat di Arab Saudi karena kondisinya masih sakit. Ke delapan jamaah yang berasal dari Madiun, Blitar, Jember, Bondowoso, Mojokerto, Sidoarjo, dan Lamongan ini akan dipulangkan setelah kondisinya kembali pulih.(end)




Berita Terkait


Januari, BPBD Musnahkan 63 Sarang Tawon Beracun

Sengat Orang, Sarang Tawon di Area Kantor Pajak Pratama Dimusnahkan Pemadam Kebakaran

Berkadar Alkohol, Puluhan Miras Dimusnahkan Satpol PP

Puluhan Knalpot Brong Dimusnahkan di Polres Sumenep

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber