Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Pembangunan Cable Car Memasuki Tahap Awal
Rabu, 11-09-2019 | 09:19 wib
Oleh : Rafli Firmansyah
Kota Batu pojokpitu.com, Gathering Cable Car atau kereta gantung di kota wisata Batu digelar Senin siang kemarin. Rencana pembangunan kereta gantung yang menjadi proyek strategis di kota berjuluk De Kleine Switzerland itu turut mengundang beberapa warga Kota Batu untuk berpartisipasi dalam pembangunannya.

Bertempat di Gedung Graha Pancasila Kota Batu, Gathering Cable Car atau kereta gantung digelar. Rencana pembangunan kereta gantung yang menjadi proyek strategis di kota barjuluk De Kleine Switzerland itu turut mengundang beberapa warga Kota Batu untuk berpartisipasi dalam pembangunannya. Pada acara yang diinisiasi oleh anak-anak muda Kota Batu yang tergabung dalam Among Tani Foundation ini dibuka langsung oleh Walikota Batu, Dra. Dewanti Rumpoko M.Si.

Dalam gathering tersebut, mendiskusikan bagaimana nantinya masyarakat Kota Batu turut memiliki hasil dari proyek transportasi kereta gantung tersebut. Dengan cara ikut menanam modal dalam investasi proyek strategis di Kota Batu ini.

Pembangunan kereta gantung sebagai jawaban atas kemacetan yang terjadi dan tingginya jumlah wisatawan domestik dan mancanegara yang mencapai 6,7 juta wisatawan tahun 2018.

Dalam pembangunannya, Pemkot Batu menggandeng pelaksana proyek ternama dari Austria yang telah membangun kereta gantung di penjuru dunia, mengalahkan produsen kereta gantung dari Taiwan dan China.

Sedangkan untuk pembanguan, nantinya dibangun oleh masyarakat ber KTP Kota Batu atau melalui saham. Dengan mencontoh taman rekreasi selecta yang sahamnya milik warga Kota Batu.

Selain itu dalam pembangunan kereta gantung ini akan dibangun dengan one stop service. Begitu juga dengan bertumbuhnya ekonomi kreatif bagi warga lokal, pertanian, dan pariwisatanya.

CEO Among Tani Foundation, Ganisa Pratiwi Rumpoko menambahkan bahwa gathering yang digelar merupakan sosialisasi tahap awal. Recananya, pembangunan tahap awal dilakukan sepanjang 5 km dengan 3 stasiun dan 2 sub stasiun.

Sementara, Doppelmayr Austria, Mr. Hans Jones yang dalam hal ini merupakan pelaksana proyek, menjelaskan bahwa pihaknya nanti akan membuat konsep dengan design yang berbeda dengan yang pernah ia buat seperti di Freeport Papua, Taman Mini Indonesia Indah, Ancol, dan Kalimantan.

Rencananya, dari panjang 14 km ini akan ada beberapa titik stasiun dan sub stasiun yang dimulai dari Desa Tlekung sebagai stasiun A, Kecamatan Junrejo - Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji - Desa Oro-Oro Ombo Stasiun B Penghubung, Kecamatan Batu - Kelurahan Ngaglik sebagai Stasiun C atau Panderman, Kecamatan Batu - Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji. Sedangkan untuk kapasitas kereta gantung untuk 8-10 orang, dengan ketinggian 855-110 mdpl.(end)





Berita Terkait


Pembangunan Cable Car Memasuki Tahap Awal


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber