Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Hukum 

Kurir Sabu 30 Kilogram Divonis Seumur Hidup
Selasa, 10-09-2019 | 18:26 wib
Oleh : Fakhrurrozi
Surabaya pojokpitu.com, Herman Sudjiono alias Liang, kurir sabu 30 kilogram asal Bandung divonis seumur hidup oleh hakim Pengadilan Negeri Surabaya. Meski lolos dari hukuman mati, terdakwa berusia 55 tahun ini menyatakan akan banding atas vonis hakim. Terdakwa berdalih hanyalah kurir bukan pengedar atau bandar.

Dalam amar putusannya, majelis hakim yang diketuai Dede Suryaman ini menyatakan terdakwa Herman Sudjiono alias Liang terbukti secara sah dan menyakinkan menyimpan dan menguasai narkotika jenis sabu seberat 30 kilogram. Perbuatan terdakwa jelas melanggar pasal 114 ayat 2 undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Hakim tidak melihat alasan pembenar dari terdakwa berusia 55 tahun ini. Atas pertimbangan tersebut, hakim akhirnya menjatuhkan vonis seumur hidup terhadap terdakwa. Vonis hakim ini sama dengan tuntutan jaksa yang menuntut dengan pidana penjara selama seumur hidup.

Atas vonis seumur hidup ini, terdakwa melalui penasehat hukumnya Victor A. Sinaga langsung menyatakan keberatan dan berencana akan banding. Pasalnya, terdakwa hanyalah kurir, dan tidak mengetahui bila sabu tersebut beratnya mencapai 30 kilogram.

Untuk diketahui, terdakwa Herman Sudjiono alias Liang ini ditangkap Direktorat Narkoba Bareskrim Mabes Polri pada 31 Januari 2019 lalu, di Ruko Gunung Anyar Jaya Green City Kav 52 Surabaya. Saat ditangkap, polisi menemukan sabu seberat 30 kilogram yang ditaruh di dalam 22 kardus. (end)





Berita Terkait


Kurir Sabu 30 Kilogram Divonis Seumur Hidup

Aneh, 5 Terdakwa Pesta Sabu Divonis 1,5 Tahun

Sidang Dugaan Kriminakisasi Kasus Sabu

Ratu Sabu Dituntut 12 Tahun, Denda Rp 1 Miliar


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber