Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Pelantikan 264 Kades di Pemkab Gresik Diwarnai Aksi Demo
Senin, 09-09-2019 | 17:15 wib
Oleh : Mohammad Amin
Gresik pojokpitu.com, Pelantikan 264 kepala desa oleh Bupati Gresik, di Lahan Parkir Belakang Kantor Bupati, diwarnai aksi demo yang dilakukan oleh warga Sukomulyo Kecamatan Manyar, karena pelantikan kadesnya dianggap cacat hukum.

Senin (9/9) pagi, semua kepala hasil Pilkades serentak yang dilakukan beberapa waktu yang lalu dilantik. Sebelum melantik, bupati sempat meminta agar semua kepala desa yang dilatik saat ini untuk benar-benar bisa melaynai rakya sebaik-baikya dan jangan sampai melanggar hukum.

Saat proses pelantikan, ternyata di pintu gerbang pintu masuk kantor bupati ada aksi demo dari perwakilan warga Sukomulyo, Manyar, Gresik.

Mereka menyindir bupati untuk taat aturan dan hukum, massa menyangkan sikap Bupati Gresik, Sambari Halim Radinto, yang nekat melatik Subiyanto,  Kepala Desa Sukomulyo Manyar.

Hal tersebut karena berdasarkan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara, Surabaya nomer 11/ G, PEN/2019/PTUN SBY,  tanggal 5 September, bahwa pelantikan terhadap Kades Sukomulyo Manyar harus ditunda, hingga proses tersebut memiliki hukum tetap .

Gugatan ke ptun diantara adanya selisih jumlah perolehan yang hanya tiga angka. Serta tahapan tahapan pilkades yang dinilai merugikan calon atas nama AKH Munir.

Pertemuan antara warga yang protes dengan pihak Pemkab Gresik, ternyata pihak Pemkab Gresik, mengaku belum menerima salinan surat putusan dari PTUN.

Tapi warga yang protes memiliki bukti dari pihak Panitera PTUN, tertanggal 6 September, bahwa surat dari ptun diterima oleh bagian umum Pemkab Gresik.

Dengan adanya hal tersebut, pendemo mengancam akan melakukan laporan lagi terkait, ketidaktaatan Pemkab Gresik atas putusan pengadilan. (yos)

Berita Terkait


7.223 Linmas Siap Partisipasi Amankan Pilkades Serentak

Perda Pengesahan Batas Usia Cakades Disetujui Pemerintah dan Dewan

Suwarni Bantah Mengusir Kakek Dul Ngali Karena Beda Pilihan Cakades

Beda Pilihan Pilkades, Kakek Sebatang Kara Diusir Oleh Keponakan


Sebanyak 1.890 Petugas Dikerahkan Untuk Pengamanan Pilkades Serentak di Bojonegoro

Muauwalah Syakur Jadi Kades Ke 5 Perempuan di Bangkalan

Pemkab Kediri Setujui Pilkades Serentak, PKD Beri Apresiasi

Pelimpahan Tahap 2, Kades Kranggan Dijebloskan ke Bui
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber