Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Rebutan Hasil Bumi Usai Kirab Pusaka Pangeran Benowo
Senin, 09-09-2019 | 16:45 wib
Oleh : Saiful Mualimin
Jombang pojokpitu.com, Ratusan warga di Jombang rela berdesakan demi berebut tumpeng raksasa hasil bumi yang di arak menuju makam Pangeran Benowo. Arak-arakan ini mengiringi kirab pusaka peninggalan pangeran benowo yang menjadi bagian sejarah penting di Kota Jombang. Dalam Kirab ini dihadirkan puluhan tumpeng raksasa hasil bumi warga di lereng gunung anjasmoro tersebut.

Warga yang sudah berkumpul di areal pemakaman pangeran benowo ini langsung berebut tumpeng raksasa. Mereka memburu sejumlah hasil bumi yang di persembahkan sebagai sedekah desa oleh warga Desa Wonomerto Kecamatan Wonosalam Jombang.

Sebelumnya, sejumlah benda pusaka peninggalan pangeran benowo  ini dimandikan, proses pemandian dilakukan oleh sesepuh desa setempat.

Setelah selesai,terbang gentur geni dan sejumlah pusaka diserahkan ke kepala desa sebelum diarak kembali ke makam pangeran benowo. Kegiatan ini diberangkatkan oleh Wakil Bupati Jombang, Sumrambah, puluhan tumpeng raksasa hasil bumi warga diarak mengikuti iring iringan  pusaka. 

Sulastri salah warga mengaku, seluruh tumpeng ini diarak dari balai desa menuju makam pangeran benowo yang berjarak sekitar 3 kilometer. Usai tiba di makam, tumpeng diperebutkan warga dengan harapan bisa mendapatkan berkah.

Sumrambah, mengatakan, tradisi kirab ini selain untuk memperingati haul pangeran benowo, tokoh yang berjasa di Kabupaten Jombang juga untuk melestarikan tradisi kebudayaan.

"Diharapkan kegiatan serupa bisa terus dilakukan untuk menarik wisatawan datang ke wonosalam sebagai kawasan wisata," jelas Wakil Bupati.

Pemerintah Kabupaten Jombang akan terus mendukung kegiatan budaya untuk pengembangan kawasan wisata. Kecataman Wonosalam yang sudah menjadi salah satu tujuan wisata bisa memberikan dampak positif pada warga sekitar. (yos)

Berita Terkait


Rebutan Hasil Bumi Usai Kirab Pusaka Pangeran Benowo

Kirab Alegori , Ratusan Warga Berebut Hasil Bumi

Ribuan Pusaka Dan Barang Jadul Dipamerkan di Nganjuk

Kirab Mojopahit, Para Seniman Mengarak Bendera Merah Putih


Lestarikan Tradisi Lewat Kirab Pusaka Ki Andongsari

Tradisi Suroan, Warga Gelar Kirab Pusaka

Peringatan 1 Suro, Kirab Pusaka Kerajaan Tombak Kiai Bimo

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber