Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Kapal Santika Nusantara, saat ini berada di lokasi dok kapal PT Indonesia Marina Shipyard, Gresik. Rencana pihak KNKT, Senin lusa akan memeriksa kapal tersebut untuk mengetahui penyebab kebakaran. Foto Mohammad Amin
Korban di Dek Kapal Santika Nusantara Berjenis Kelamin Laki-Laki
Sabtu, 07-09-2019 | 16:26 wib
Oleh : Mohammad Amin
Gresik pojokpitu.com, Hingga hari ke-16 pasca pencarian korban kapal Santika Nusantara yang terbakar, di Perairan Masalembu, Sumenep, terdapat 4 korban meninggal dunia. Berdasarkan hasil pemeriksaan DVI Polda Jatim, korban yang ditemukan di dek tempat parkir kendaraan di atas kapal, berjenis kelamin laki-laki.

Pada Sabtu siang (7/9), Basarnas bersama tim pencarian dan pertolongan terhadap korban kapal Santika Nusantara milik PT Darma Lautan Utama, memasuki kapal. Mengungkapkan bahwa pencarian terhadap korban sudah memasuki hari ke 16. Untuk sementara, Basarnas menghentikan pencarian karena sudah tidak ditemukan lagi korban. Korban yang terakhir di temukan di dalam dek kapal tempat parkir kendaraan. Berdasarkan pemeriksaan DVI Polda Jatim, korban tersebut berjenis kelamin laki-laki.

Prasetya Budiarto, Koordinator Basarnas Jatim mengatakan, awalnya Basarnas hanya mendapat informasi bahwa ada 111 orang diatas kapal Santika Nusantara yang berangkat dari Surabaya tujuan Balikpapan. Namun setelah dilakukan evakuasi, ada 314 orang, selamat 308 orang, meninggal dunia 4 orang, dan 2 orang belum ditemukan, laki-laki dan perempuan. "Kami mulai hari ini menghentikan sementara pencariannya. Namun jika ada perkembangan baru tentang korban baru, kami segera bergerak mengevakuasi," kata Prasetya Budiarto.

Basarnas Jatim mengaku sempat terlambat mengetahui posisi kapal. Sebab, salah satu alat yang ada di dalam kapal tidak diaktifkan. Beruntung ada informasi dari beberapa kapal yang melintas, dan  mengabarkan tentang posisi kapal Santika Nusantara yang terbakar. Seharusnya alat tersebut diaktifkan, karena bila ada situasi darurat, alat tersebut akan langsung terkoneksi ke Kantor Basarnas di Jakarta. (pul)



Berita Terkait


Korban di Dek Kapal Santika Nusantara Berjenis Kelamin Laki-Laki

Kisah Korban Selamat Kecelakaan KM Santika Nusantara

Puspenerbal Tetap Lanjutkan Operasi KM Santika Nusantara

Tim Gabungan Basarnas Puspenerbal Temukan Bangkai Kapal KM Santika Nusantara


KNKT Periksa Korban 7 ABK Kapal Tenggelam

ABK KM Multi Prima 1 Korban Kapal Tenggelam Berharap Cepat Dipulangkan

Pencarian Korban Kapal Tenggelam Resmi Dihentikan

1 Jenazah Korban Kapal Tenggelam Kemabali Ditemukan Dalam Kondisi Hancur

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber