Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Antisipasi Laka Lantas, Polisi Gelar Razia Kendaraan Besar
Jum'at, 06-09-2019 | 22:05 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas, anggota Satlantas Polres Probolinggo, Jawa Timur, menggelar razia kendaraan besar, di jalur pantura probolinggo. Hasilnya dalam operasi patuh semeru ini belasan truk ditilang karena kendaraannya tidak sesuai standarnya.

Tidak mau kecolongan terjadinya kecelakaan menonjol seperti yang terjadi di tol Cipularang, membuat anggota Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Probolinggo, yang dibantu dinas perhubungan setempat menggelar razia besar-besaran, di jalur Pantura Probolinggo, Jawa Timur pada Jumat (6/9) siang.

Dalam operasi patuh semeru ini, razia difokuskan pada kendaraan besar, seperti truk engkel, hingga truk besar yang memuat barang sampai berlebihan.

Selain pemeriksaan surat-surat kendaraan, fisik sopir, hingga pemeriksaan kesiapan fisik kendaraan, mulai lampu-lampu, rem, hingga modifikasi bak truk.

Hasilnya, banyak truk yang dimodifikasi sudah diluar stadarnya yakni diper lebar atau diperpanjang bak truknya. rata-rata pemilik truk atau sopir mengaku agar jumlah barang yang dimuat bisa lebih banyak. 

Sugiono, salah satu sopir truk misalnya, razia semacam ini bisa mengingatkan sopir agar selalu waspada dan hati-hati dalam mengemudikan kendaraannya.

Ironisnya lagi, banyak kendaraan barang yang mati uji kirnya, hingga harus ditilang oleh
Dinas Perhubungan. Apalagi, banyak truk besar yang memuat melibihi tonase.

Dalam razia ini, belasan truk ditilang dengan berbagai sebab, mulai surat-surat mati, plat kendaraan yang tidak terpasang hingga kesalahan berat lainnya yang bisa memicu terjadinya laka lantas.

Menurut AKP Sigit Raharjo, Kasat Lantas Polres Probolinggo, sampai tanggal 6 September ini, sudah 1300 orang ditilang, dengan berbagai pelanggaran.

Petugas menghimbau agar pengendara, baik roda dua maupun empat untuk selalu waspada dalam mengemudikan kendaraanya, patuhi rambu-rambu lalu lintas dan jaga stamina. (yos)

Berita Terkait


Hasil Operasi Sikat Semeru, 27 Tersangka Diamankan

Operasi Sikat Semeru, Tim Kobra Polres Lumajang Tangkap Belasan Tersangka

Puluhan Pelajar Terjaring Razia Lalin Polres Ponorogo

Seribu Lebih Pelanggar Lalu Lintas Terjaring Operasi Semeru 2019


Operasi Semeru, Polres Batu Bekuk 9 Tersangka Ranmor

Pelanggar Operasi Semeru Dimasukkan Ke Ruang Bengkel Otak

Operasi Semeru Hadirkan Wayang Kulit Lalulintas

Hindari Operasi Semeru, Pengendara Nekat Melawan Arus

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber