Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

BPCB Lakukan Observasi di Lokasi Penemuan Batu Kepala Kala
Rabu, 04-09-2019 | 16:51 wib
Oleh : Mochammad Asrofi, Imron Danu
Mojokerto pojokpitu.com, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) dari trowulan Mojokerto, melakukan observasi di lokasi penemuan benda purbakala di Kelurahan Gedog Kota Blitar (4/9). Selain memeriksa, petugas juga melakukan penggalian di beberapa titik. Dari hasil pemeriksaan sementara, petugas menemukan batu kepala Kala, kontruksi batu bata yang diperkirakan abad 13 zaman Kerajaan Majapahit.

Pasca penemuan benda purbakala oleh warga, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) dari Trowulan Mojokerto langsung turun ke lokasi penemuan di Kelurahan Gedog, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. Selain memeriksa, petugas juga melakukan penggalian di beberapa titik lokasi penemuan benda-benda purbakala.

Petugas dari BPCB Trowulan-Mojokerto yang beranggotakan sekitar 3 orang tersebut menggali tanah untuk menemukan benda-benda purbakala lainnya.

Selain menemukan arca kepala kala, petugas juga menemukan kontruksi batu bata merah, yang diperkirakan merupakan sisa-sisa bangunan candi. Selanjutnya, Petugas BPCB melakukan foto identifikasi terhadap benda-benda purbakala yang mereka temukan dalam proses penggalian.

Menurut Ketua Tim BPCB Trowulan-Mojokerto, Wicaksono Dwi Nugroho, beberapa benda-benda purbakala yang ditemukan dalam proses ekskavasi ini diperkirakan dari abad ke 13 zaman Kerajaan Majapahit.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Blitar, Tri Iman Prasetiyini mengatakan pihaknya masih menunggu hasil penelitian dari petugas BPCB. Jika dimungkinkan dilakukan eskafasi, pihaknya akan memfasilitasinya.(end)

Berita Terkait


BPCB Lakukan Observasi di Lokasi Penemuan Batu Kepala Kala

Benda Purbakala Kembali Ditemukan di SDN Dinoyo 1

Temukan Batu Purbakala , BPCB Trowulan Gali Punden Rondo Kuning

Benda Purbakala Ditemukan Warga Sidoarjo


Benda Purbakala Ditemukan Warga Sidoarjo

Fosil Binatang Purbakala Ditemukan di Ngawi

Prihatin Fosil Purbakala, Hery Buat Museum Mini

Penyelidikan Kasus Pengerusakan Situs Purbakala Dilimpahkan ke PPNS

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber