Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Tempo Doeloe 

Benda bersejarah dalam bentuk Yoni kembali ditemukan dalam kompleks bangunan SDN Dinoyo 1 Kota Malang. Yoni berada persis di lorong sempit di samping Ruang Kepala Sekolah SDN Dinoyo 1. Foto Tova
Benda Purbakala Kembali Ditemukan di SDN Dinoyo 1
Rabu, 04-09-2019 | 01:12 wib
Oleh : Ali Makhrus
Malang pojokpitu.com, Benda purbakala kembali ditemukan di wilayah Malang. Kali ini tepatnya di SDN Dinoyo 1 Kota Malang pada Selasa (3/9). Benda purbakala berbentuk Yoni tersebut diperkirakan dari Kerajaan Kanjuruhan pada masa Raja Gajayana.

Menurut Kepala Sekolah SDN Dinoyo 1, Nurul Hidayatus Sobihah, bahwa Yoni yang kedua itu ditemukan saat menggali temuan Yoni yang pertama. Temuan terlihat secara utuh, karena Yoni yang pertama separuhnya terkubur tanah sedalam 30 cm.

Terlebih, penggalian Yoni yang pertama tersebut bertujuan sebagai bahan ajar dan literasi siswa SDN Dinoyo 1. Oleh karena itu, dilakukan penggalian, dan ditemukan Yoni yang kedua. Dan diperkirakan, Yoni tersebut berasal dari Kerajaan Kanjuruhan atau Mataram Kuno.

Dari temuan ini, pihak sekolah melakukan koordinasi dengan Museum MPU Purwa dan Arkeolog, dalam menentukan langkah selanjutnya terkait benda purbakala tersebut.

Pada 2004 lalu, di SDN Dinoyo 1 ditemukan sebanyak 3 benda purbakala berbentuk Arca dan Lumpang, dan sudah diserahkan ke Museum MPU Purwa.

Terlebih dari temuan 2 benda purbakala tersebut, pihak sekolah berharap kedua benda tersebut dapat tetap di sekolah. Hal ini supaya dapat digunakan sebagai bahan ajar dan alat literasi siswa. (pul)

Berita Terkait


BPCB Lakukan Observasi di Lokasi Penemuan Batu Kepala Kala

Benda Purbakala Kembali Ditemukan di SDN Dinoyo 1

Temukan Batu Purbakala , BPCB Trowulan Gali Punden Rondo Kuning

Benda Purbakala Ditemukan Warga Sidoarjo


Benda Purbakala Ditemukan Warga Sidoarjo

Fosil Binatang Purbakala Ditemukan di Ngawi

Prihatin Fosil Purbakala, Hery Buat Museum Mini

Penyelidikan Kasus Pengerusakan Situs Purbakala Dilimpahkan ke PPNS

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber