Berita Terbaru :
Terlanjur Beli Oleh Oleh, CJH Ini Mengaku Kecewa
Bejat, Begini Wajah Napi Asimilasi Yang Cabuli Anak Calon Istri
   

Kerajinan Dari Barang Bekas Kreatifitas Warga Lapas
Ekonomi Dan Bisnis  Selasa, 03-09-2019 | 20:05 wib
Reporter : Agus Bondan
Tulungagung pojokpitu.com, Di tangan kreatif warga binaan Lapas Kelas 2 B Tulungagung, tumpukan koran bekas bisa di sulap menjadi kerajinan unik dan bernilai ekonomi tinggi. Meski karya napi hanya dijual di lingkungan Lapas, namun peminatnya cukup banyak hingga para napi kewalahan memenuhi pesanan.

Berada di balik tembok penjara, tidak membatasi krearifitas 4 orang warga binaan Lapas Tulungagung. Oleh mereka, tumpukan koran bekas yang bagi kebanyakan orang tidak berarti, justru disulap menjadi aneka hiasan yang unik dan bernilai ekonomi.

Didalam lapas yang serba terbatas, mereka menggunakan alat seadanya untuk merangkai koran-koran bekas, hingga menjadi hiasan dinding berbentuk burung merak dan juga celengan karakter.

Menurut Ferianto, salah seorang napi yang turut mengerjakan kerajinan dari koran bekas, pembuatan hiasan dinding burung merak dan celengan karakter ini berawal dari iseng-iseng saat di dalam kamar tahanan. "Tidak disangka, setelah jadi banyak napi lain yang tertari,. aktifitas itupun mendapat dukungan dan difasilitasi pihak lapas," kata Febrianto.

Saat jam kunjung, banyak keluarga para napi yang tertarik untuk membeli sehingga hiasan dinding dan celengan yang baru selesai dikerjakan langsung laku. "Untuk hiasan dinding burung merak dibenderol dari harga Rp 50 ribu hingga Rp 300 ribu, tergantung ukuran dan kerumitan. Sedangkan celengan karakter film kartun rata-rata dijual Rp 50 ribu per buah," kata Ferianto.

Sementara itu , menurut Kasi Binadik dan Giataja Lapas Kelas 2 B Tulungagung, banyaknya pesanan hasil kerajinan para warga binaan ini tidak menutup kemungkinan. "Kita akan menambah peralatan, yang diperlukan untuk mendukung pembuatan kerajinan tersebut," ujar Dedi Nugroho.

Untuk 2 buah hiasan dinding burung merak, para napi yang melibatkan 4 orang ini dapat diselesaikan dalam waktu sehari dan dibutuhkan 1 kilogram koran bekas. Sedangkan untuk celengan karakter, satu hari dapat menyelesaikan 3 buah. (yos)

Berita Terkait

Kerajinan Dari Barang Bekas Kreatifitas Warga Lapas

Ini Tanggapan Menkumham Soal Hasil Kerajinan Lapas
Berita Terpopuler
Bejat, Begini Wajah Napi Asimilasi Yang Cabuli Anak Calon Istri
Peristiwa  2 jam

Terlanjur Beli Oleh Oleh, CJH Ini Mengaku Kecewa
Peristiwa  31 menit



Cuplikan Berita
Dua Balita Warga Ngagel Reaktif Positif Covid 19
Pojok Pitu

Satu Keluarga Tersapu Ombak, Satu Orang Tewas, Satu Lagi Hilang
Pojok Pitu

Ini Syarat Kuota Khusus Untuk Putra-Putri Tenaga Kesehatan Covid 19
Jatim Awan

Klaster Gowa Menambah Jumlah Kasus Positif Covid-19 di Bondowoso
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber