Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Tempo Doeloe 

Eskavasi Situs Kuno Arkeolog Temukan Bangunan Kuil
Selasa, 03-09-2019 | 10:55 wib
Oleh : Aminuddin Ilham
Berita Video : Eskavasi Situs Kuno Arkeolog Temukan Bangunan Kuil
Mojokerto pojokpitu.com, Tim arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur, melakukan eskavasi di situs kuno Tribuana Tungga Dewi yang terletak di Desa Klinterejo, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto. Dalam eskavasi itu, ditemukan struktur bangunan baru berupa batu andesit yang dipastikan sebagai kuil atau tempat ibadah yang dibangun pada masa raja Hayam Wuruk.

Tim arkeolog masih terus menggali di sekitar situs Tribuana Tungga Dewi dengan kedalaman 4 meter. Dari penggalian tersebut, tim arkeolog menemukan beberapa susunan batu kuno yang berbeda beda. Diantaranya susunan batu bata dan batu andesit.

Struktur pertama berupa pagar dari bata merah kuno. Bangunan ini merupakan pagar luar dari situs Tribhuwana Tunggadewi. Sedangkan struktur kedua, adalah susunan batu andesit yang berbentuk lantai sepanjang 13,6 meter. Bahkan ada yang berbentuk tangga yang terdiri dari susunan batu bata dan batu andesit berlapis 7.

Menurut Ismail Lutfi, Arkeolog Universitas Negeri Malang, dari eskavasi tersebut dipastikan Situs Tribhuwana Tunggadewi berupa merupakan kuil sebagai tempat pemujaan. "Bukan makam para raja yang selama ini diketahui masyarakat," kata Ismail Lutfi

Bangunan kuil atau tempat pemujaan ini yang ditemukan dibawa situs kuno Tribuana Tungga Dewi, diperkirakan dibangun pada masa kerajaan Hayam Wuruk yang pernah ada pada tahun 1294 M. Eskavasi ini akan terus dilanjuta hingga keseluruan bangunan kuil menjadi sempurna. (pul)


Berita Terkait


Warga Kembali Temukan Batu Berelief Perempuan di Kompleks Percandian Gedog

Eskavasi Situs Kuno Arkeolog Temukan Bangunan Kuil

BPCB Lakukan Eskavasi Situs Kuno Tribhuwana Tunggadewi

BPCB Jatim Teliti Temuan Sumber Mata Air Bangunan Kuno


Situs Kuno Peninggalan Zaman Kahuripan Ditemukan Warga

Warga Beramai-Ramai Gali Situs Kuno Kerajaan Majapahit
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber