Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Mahasiswa Surabaya membuat inovasi meja dari limbah kopi. lantaran prihatin dengan banyaknya ampas kopi yang dihasilkan dari produksi minuman kopi. Foto: Atiqoh Hasan
Mahasiswa Ini Kreasikan Meja Dari Ampas Kopi
Minggu, 01-09-2019 | 05:20 wib
Oleh : Atiqoh Hasan
Surabaya pojokpitu.com, Menjamurnya cafe dan warung kopi di Surabaya menginspirasi mahasiswa Johanna Limantara, untuk membuat meja kopi, berbahan dasar ampas kopi.

Perempuan yang hobi menonton film ini mengaku terinspirasi dari perusahaan asal China dan Inggris yang berhasil membuat baju serta perkakas berbahan dasar limbah kopi. Namun yang membedakan produknya dengan produk yang sudah ada adalah meja kopi yang dibuat cukup sederhana. Yakni menggunakan ampas kopi yang dicampur dengan serbuk kayu. Sedangkan produk perkakas asal Inggris dibuat menggunakan campuran ampas kopi dan resin.

Campuran serbuk kayu dan ampas kopi lebih ramah lingkungan, karena bersifat upcycling. yakni me-recycle menjadi sebuah produk turunan yang berdaya guna lebih tinggi.

Memerlukan uji coba produk berulang kali sampai akhirnya Johanna menemukan komposisi yang pas untuk bisa memproduksi meja kopi yang kuat dan tahan lama. Dalam waktu dekat, dirinya pun akan mematenkan produk buatannya yang diberi nama coffee legacy ini. Sebab, belum ada produk serupa yang dijumpai di Indonesia. (pul)







Berita Terkait


Mahasiswa Ini Kreasikan Meja Dari Ampas Kopi


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber