Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Kreatif, Warga Olah Limbah Gelas Plastik Bernilai Ekonomis Tinggi
Minggu, 01-09-2019 | 00:10 wib
Oleh : Moch Sahid
Bangkalan pojokpitu.com, Limbah gelas Air Minum Dalam Kemasan(AMDK) yang biasanya dibuang setelah meminumnya, ternyata mempunyai nilai ekonomis tinggi.

Terbukti dari tangan tangan kreatif warga Desa Gili Barat Kecamatan Kamal Bangkalan, limbah gelas ini diolah menjadi tas, atau bantal dengan berbagai corak dan menghasilkan puluhan juta rupiah setiap bulannya.

Kegiatan kreatif itu di rumah Kepala Desa Gili Barat. Kurang lebih 10 warga Desa Gili Barat mengolah limbah sampah dari bekas gelas. Mulai mengumpulkan bekas gelas AMDK, memotong bekas gelas amdk yang kemudian diambil bagian atasnya saja. Serta membersihkan bagian gelas yang sudah dipotong dengan air sabun agar bersih.

Sedangkan yang lain ada yang membuat kerangka dari bagian atas bekas gelas AMDK yang nantinya menjadi dasar atau pola. Serta merajut benang yang nantinya akan dililitkan ke kerangka yang sudah dibuat. Bagian lain menjahit secara manual atau menggunakan tangan.

Maksum Kades Gili Barat mengatakan, membutuhkan waktu dua hari untuk satu barang yang dihasilkannya. Mulai tas, dompet dan bantal dari limbah gelas AMDK, diberi label Gilbar Collection. Diambil dari nama Desa Gili Barat tempat tinggal mereka.

"Sebagai kepala desa hanya mensupport dan mendukung inisiatif warga, dan ternyata produk yang dihasilkan mendapatkan respon positif dari beberapa kalangan dan sudah banyak menerima pesanan," kata H. Maksum.

Produk kreatif ini dijual dengan harga dari Rp 65 ribu sampai dengan Rp 200 ribu. Setiap bulannya warga bisa menghasilkan kurang lebih 100 buah tas ukuran kecil, 60 buah tas ukuran besar dan 50 buah bantal yang omzetnya mencapai puluhan juta rupiah. (pul)

Berita Terkait


Pemkab Wadahi 16 Sektor Bidang Kreatif di Bojonegoro

Kreatif, Warga Olah Limbah Gelas Plastik Bernilai Ekonomis Tinggi

Manfaatkan Limbah Plastik Bekas Disulap Menjadi Robot

Mahasiswa Susun Peta Indonesia Berbahan Dasar Botol Bekas


Inovasi Kreatif Warga Lereng Gunung Argopuro Menerangi Desa Dengan Listrik Mikrohidro

Kerajinan Dari Barang Bekas Kreatifitas Warga Lapas

Kreatif, Warga Olah Limbah Gelas Plastik Bernilai Ekonomis Tinggi

Kampung Kreatif, Rumah Batik Dolly

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber