Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Hukum 

Mantan Kepsek SMPN 2 Tulungagung Divonis 1,8 Tahun Penjara
Jum'at, 30-08-2019 | 19:09 wib
Oleh : Fakhrurrozi
Surabaya pojokpitu.com, Mantan Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Tulungagung, Eko Purnomo Divonis 1 tahun 8 bulan penjara oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Surabaya.

Hakim menilai terdakwa terbukti menerima pungli dari walimurid saat penerimaan peserta didik baru tahun 2017. Atas vonis ini, jaksa menerima, sedangkan terdakwa langsung mengajukan banding.

Dalam amar putusannya, majelis hakim yang diketuai I Wayan Sosiawan, menyatakan perbuatan terdakwa Eko Purnomo dengan menerima pungli, jelas melanggar pasal 11 undang-undang pemberantasan tindak pidana korupsi.

Hakim menilai hal yang memberatkan terdakwa adalah sebagai kepala sekolah tidak memberikan contoh yang baik kepada guru dan murid.

Atas perbuatannya, hakim akhirnya menjatuhkan vonis 1 tahun 8 bulan penjara terhadap terdakwa yang merupakan mantan kepala sekolah SMP Negeri 2 Tulungagung. Selain hukuman badan, terdakwa eko purnomo juga diwajibkan membayar denda Rp 50 juta  subsider 2 bulan penjara.

Vonis yang diterima Eko ini lebih tinggi dari dua guru yang juga terlibat kasus pungli ini. Rudi Bastomo yang merupakan ketua panitia PPDB telah divonis 14 bulan, sedangkan supraptiningsih divonis 10 bulan penjara.

Sikap berbeda dilakukan jaksa dan terdakwa atas vonis hakim ini. Jaksa menerima, sedangkan terdakwa langsung mengajukan banding. (yos)



Berita Terkait


Mantan Kepsek SMPN 2 Tulungagung Divonis 1,8 Tahun Penjara

Plt Bupati Tulungagung Tidak Hadir Pangilan KPK

Hanya Jabat 3 Menit, Bupati Tulungagung Kembali Ditahan KPK

KPK Kembali Periksa Bupati Tulungagung Terpilih


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber