Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Kampung Kreatif, Rumah Batik Dolly
Jum'at, 30-08-2019 | 18:35 wib
Oleh : Amar Bahri
Surabaya pojokpitu.com, Dalam beberapa tahun terakhir, wajah dolly dikenal dengan kampung kreatif, salah satunya adalah rumah batik. Ditempat ini warga dan wisatawan bisa belajar membatik dan mengenal batik khas eks lokalisasi dolly.

Rumah batik dolly adalah sentra pelatihan membatik bagi warga di Kelurahan Putat Jaya, dimana rumah batik ini sukses menarik perhatian warga eks lokalisasi dolly.

Di rumah batik ini warga akan mendapatkan pelatihan dan pendampingan untuk memproduksi batik setiap seminggu sekali. Jenis batik sendiri ada jenis batik tulis dan batik cap dengan motif atau corak khas jarak dan kupu-kupu serta motif suroboyoan.

Tidak hanya membatik, warga juga memproduksi aneka produk yang juga terbuat dari batik seperti baju, gelang, kalung, dompet dan aksesoris.

Pemkot Surabaya tidak hanya memberikan fasilitas pengembangan usaha untuk warga eks lokalisasi dolly selain pelatihan usaha pemerintah juga memberikan akses pasar ataupun fasilitas penunjang lainnya, sehingga UMKM bisa bergerak dengan cepat.

Kini rumah batik setidaknya sudah berhasil merubah image tempat eks lokalisasi terbesar di Asia Tenggara ini, dan kini dikenal dengan kampung batik atau kampung UMKM.

Sutrisno, pengrajin batik, menerangkan, melihat kesuksesan rumah batik dolly, kini tidak hanya warga dolly saja yang tertarik untuk belajar batik, namun warga diluar Kelurahan Putat Jaya serta wisatawan datang ketempat ini untuk belajar membatik.

Tidak hanya berfokus pada membatik, di tempat ini juga ada pelatihan untuk mengelola kain kreatif, seperti jumbutan, shibori, eco print, sulam pita dan lukis. (yos)

Berita Terkait


Kampung Kreatif, Rumah Batik Dolly


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber