Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Us Army dan TNI AD Indonesia, Berbagi Ilmu Pertolongan Pertama Gigitan Ular Berbisa
Jum'at, 30-08-2019 | 07:30 wib
Oleh : Andi Nurcholis
Situbondo pojokpitu.com, Tentara Amerika atau Us Army dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar serangkain latihan pemberian pertolongan pertama kepada korban gigitan ular.

Kedua negara ini saling berbagi ilmu di Dodiklatpurasembagus Situbondo. Tidak hanya diberikan penanganan saja, TNI juga sempat menunjukkan atraksi menarik kepada tentara Amerika.

Program tukar menukar keilmuan antar tentara Indonesia dan Amerika digelar di Dodiklatpu , Asembagus Situbondo. Saling berbagi ilmu sudah berlangsung selama dua minggu, dengan jumlah peserta 578 dari tentara Amerika atau Us Army dan 323 dari tentara Indonesia.

Tidak hanya dibekali tentang penanganan pertolongan pertama saja, melainkan tentara Amerika juga dihibur dengan atrakasi oleh tentara Indonesia dengan mencium ular jenis king cobra yang dikenal dengan racun yang sangat berbahaya. Serta tentara Amerika juga diberi kesempatan untuk memegang ular jumbo jenis phyton.

Kepala Staf Operasional Us Army, Mayor Jhon Meyer, mengaku mendapatkan banyak ilmu saat mengikuti pelatihan di Indoensia, diantaranya cara menyelamatkan diri dari gigitan ular.

"Penanganan gigitan ular sangat dibutuhkan oleh para tentara baik dari Amerika maupun Indonesia saat bertugas di hutan," kata Mayor Jhon Meyer.

Latihan penanganan pertolongan pertama kepada korban gigitan ular dengan bahan sederhana, yakni mengikat dengan kuat agar bagian yang terkena gigitan ular tidak boleh digerakkan. Gigtan ular berbisa, tidak melewati pembuluh darah melaikan melewati getah bening. (yos)

Berita Terkait


Warga Keluhkan Latihan Tempur TNI di Pemukiman

Tiga Matra TNI Gelar Latihan Perang Bersama di Pantai Banongan

Us Army dan TNI AD Indonesia, Berbagi Ilmu Pertolongan Pertama Gigitan Ular Berbisa

TNI AU Gelar Latihan Puncak Angkasa Yudha


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber