Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Kerajinan Daun Kering Yang Mendunia
Kamis, 29-08-2019 | 07:14 wib
Oleh : Amar Bahri
Surabaya pojokpitu.com, Percayakah anda, sampah daun kering bisa diubah menjadi uang? Hal ini dibuktikan oleh Siti Retnanik dengan mengubah daun menjadi hiasan cantik dan jika dijual harganyapun fantastis.

UKM Bengkel Kriya Daun merupakan usaha perorangan yang dirintis sejak tahun 1996 dan memproduksi aneka handicraft berbahan dasar daun seperti tempat tisu, hiasan tempat lampu, tas dan dompet hingga lukisan.

Awal mula kerajinan daun kering ini dirintis oleh almarhum suami Siti Retnanik, yang waktu itu banyak mendapatkan hambatan, dan setelah melalui beberapa kali uji coba dan eksperimen akhirnya bisa berhasil.

Untuk membuat kerajinan ini, Siti Retnanik menggunakan berbagai macam daun seperti daun kupu-kupu atau daun mangga, daun yang sudah kering biasanya akan direbus terlebih dahulu menggunakan asam sitrat sampai mendidih, kemudian daun diangkat dan didinginkan.

Setelah dingin, daun direndam menggunakan cairan pemutih untuk menghilangkan warna hitam pekat, setelah itu, daun dibilas menggunakan air bersih dan dikeringkan dengan cara disetrika. Daun - daun yang sudah disetrika siap diaplikasikan atau ditempel.

Berkat kerajinannya mengikuti berbagai pelatihan dan pameran kini produk lokal asli Surabaya ini sudah diekspor ke berbagai negara seperti Prancis, Inggris, Amerika, Dubai hingga ke Belanda.

Tak heran, Nanik kerap mendapatkan berbagai macam penghargaan baik dari pemerintah maupun swasta, seperti pahlawan ekonomi, ibu inspiratif , dan kalpataru perintis lingkungan.

Saat ini, produk milik Nanik sudah tersebar di berbagai sentra-sentra UKM dan sedikitnya sudah mampu menyerap tenaga kerja wanita dan merupakan tetangga di sekitar rumah yang berjumlah 40 orang.(end)

Berita Terkait


Dekranasda Jatim Buka Pasar Kerajinan ke Eropa

Warga Binaan Lapas Jombang Produksi Tas Rajut

Kerajinan Dari Barang Bekas Kreatifitas Warga Lapas

Kerajinan Daun Kering Yang Mendunia


Kerajinan Daun Kering Yang Mendunia

Begini Cara Membuat Kerajinan Odheng Khas Madura

Kerajinan Hiasan Dinding di Kecamatan Panarukan Beromset 15 Juta Perbulan

Kerajinan Hiasan Dinding di Kecamatan Panarukan Beromset 15 Juta Perbulan

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber