Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Pelajar Sidoarjo Ciptakan Smart Parking
Rabu, 28-08-2019 | 08:20 wib
Oleh : Mujianto Primadi
Sidoarjo pojokpitu.com, Untuk memudahkan pengendara menemukan tempat parkir saat akan memarkirkan kendaraannya, dimana perlu waktu yang lama untuk mencari tempat parkir yang kosong. Tiga pelajar asal Sidoarjo, menemukan alat prototipe smart parking yang efektif dan memudahkan pengendara.

Melalui alat ciptaannya yang bernama sarmation atau smart parking based on navigation, diharapkan bisa menjadi solusi bagi pengendara.

Hanya berbekal peralatan sederhana, tiga pelajar asal sidoarjo ini meraih prestasi yang membanggakan. Ya melalui inovasi karyanya yang bernama sarmation, smart parking based on navigation atau sebuah inovasi smart parking yang mengkoneksikan sistem parking dengan berbasis lokasi. Ketiga pelajar asal Sidoarjo ini meraih juara satu lomba amicta 2019 yang digelar di Kota Yogyakarta.
 
Mengkoneksikan sebuah sistem pemrograman yang kemudian bisa mendeteksi apabila seorang pengendara roda empat akan memarkirkan kendaraan, dimana pada saat masuk, pengendara tersebut mendapatkan lokasi parkir yang kosong disertai petunjuk lokasinya.

Karya inovasi tiga pelajar ini patut diapresiasi karena mampu mengefektifkan waktu seorang pengendara untuk mencari lokasi parkir yang kosong.
 
Melalui hasil inovasi karya pelajar M. Sholikhuddin, Firzatullah Ramadhani, dan Syah Tanaya, pelajar kelas 11 Mipa Smamda Sidoarjo ini, waktu seseorang untuk mencari parkir dapat dipangkas dari sekitar rata rata 10 sampai 17 menit menjadi hanya 5 sampai 7 menitan, hal ini dirasa sangat efektif dan kurangi problem kemacetan saat akan memarkirkan kendaraannya.
 
Pihak sekolah berharap dengan inovasi karya anak didiknya ini, diharapkan parkir berbasis inovasi ini bisa segera dipatenkan dan bisa dimanfaatkan penggunaannya di berbagai instansi negeri ataupun instansi swasta.

Walaupun seringkali terkendala problem paten, pihak sekolah berharap karya ini setidaknya direspon positif dan nantinya dilirik pihak pihak yang mau menfasilitasi dan mau bekerjasama untuk kembangkan alat tersebut. (yos)

Berita Terkait


Pelajar Sidoarjo Ciptakan Smart Parking

Inovasi Pembelajaran Matematika Sasar Siswa Tuna Grahita


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber