Berita Terbaru :
Hasil Survei: Tito Karnavian Menteri Paling Responsif di Era Pandemi
Dua Kepala Sekolah Ini Jadi Inspirasi Guru Penggerak
Youtube Blokir Akun yang Kerap Buat Konten Rasis
Koleksi Mobil Klasik David Beckham Dijual, Harganya Wow
Tips Agar Koneksi Internetmu Tidak Lelet
Malaysia Larang Orang Asing Salat Berjemaah di Masjid
Pakar Hukum Tata Negara Bicara soal Pelaksanaan Pilkada
Ternyata ini Klub Sepak Bola Kesukaan Ahmad Dhani
18 Tokoh Dianggap Layak jadi Menteri, Ada Ahok dan Grace Natalie
   

Ratusan Nelayan Ikuti Lomba Perayu Layar di Selat Bali
Tapal Kuda Dan Madura  Selasa, 27-08-2019 | 16:15 wib
Reporter : Iqbal Mustika, Handoko Khusumo
Banyuwangi pojokpitu.com, Ratusan nelayan se Jawa dan Bali, antusias mengikuti lomba balap perahu layar tradisional yang digelar di Pantai Ketapang, Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi.

Untuk mengikuti perlombaan ini, para nelayan harus mengeluarkan tenaga ekstra serta saling beradu kecepatan mengarungi selat bali untuk sampai digaris finish.

Kegiatan tahunan ini merupakan ajang silaturahmi halal bihalal para nelayan yang ada di pesisir pantai selat Bali, sekaligus dalam rangka memperingati hari ulang tahun pangkalan TNI AL Lanal Banyuwangi yang ke-48.

Sebelum dilepas, seluruh perahu peserta dijajarkan di bibir pantai bersiap mengambil start serta melewati tahapan seleksi yang ditentukan oleh panitia, yang meliputi ukuran layar dengan tinggi maksimal 7,3 meter dan lebar katir perahu.

Para peserta akan dilepas menjadi 5 etape, masing-masing etape terdiri dari 20 peserta. Setelah mendapat aba-aba dari panitia, para peserta beradu kecepatan mengarungi selat bali sejauh 12 mill, dimulai dari pesisir Pulau Jawa menuju Pulau Bali hingga finish kembali ke Pulau Jawa.

Aksi saling kejar-kejaranpun tidak dihindarkan, dalam kompetisi balap perahu layar tradisional ini. Meski banyak peserta yang merasa kelelahan, namun mereka mengaku senang mengikuti perlombaan yang sudah menjadi tradisi setiap tahunnya. Tidak hanya kaum muda, para peserta lanjut usia juga ikut meramaikan balap perahu layar tradisional ini.

Selat bali yang terkenal dengan arus derasnya, membuat para peserta harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk sampai digaris finish, karena para peserta hanya bermodal gayung dan arah angin untuk bisa menjadi yang tercepat. "Kecanngnya angin di tengah laut, membuat para peserta kesulitan mengendalikan kemudi perahu," ujar Imam, peserta lomba.

Letkol Laut (P) Yulius Azz Zaenal, Komandan Lanal Banyuwangi, menerangkan, ajang perlombaan ini merupakan rangkaian kegiatan yang digelar oleh pangkalan TNI AL, Lanal Banyuwangi dalam rangka memperingati hari ulang tahun Lanal Banyuwangi yang ke 48.

Selain untuk ajang silaturrahmi bagi para nelayan, ajang ini juga memperbutkan piala bergilir lomba perahu layar Danlanal Banyuwangi Cup 2019. Diharapkan dengan kegiatan ini, para nelayan ini bisa menjaga kebersihan dan ekosistem laut terutama di perairan selat Bali. (yos)

Berita Terkait

Ratusan Nelayan Ikuti Lomba Perayu Layar di Selat Bali
Berita Terpopuler
18 Tokoh Dianggap Layak jadi Menteri, Ada Ahok dan Grace Natalie
Politik  8 jam

Ternyata ini Klub Sepak Bola Kesukaan Ahmad Dhani
Infotainment  7 jam

Pakar Hukum Tata Negara Bicara soal Pelaksanaan Pilkada
Pilkada  6 jam

Dua Kepala Sekolah Ini Jadi Inspirasi Guru Penggerak
Pendidikan  1 jam



Cuplikan Berita
Dua Kadis Terpapar Covid-19, Kantor Terpaksa Dilockdown
Pojok Pitu

Pemkot Surabaya Tepis Isu Pemecatan Kadis DKRTH Surabaya
Pojok Pitu

Diserang Tikus, Petani Ponorogo Resah
Jatim Awan

Rumah Pegawai Lapas Mojokerto Jadi Sasaran Pelemparan Bom Molotov
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber