Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Ratusan Nelayan Ikuti Lomba Perayu Layar di Selat Bali
Selasa, 27-08-2019 | 16:15 wib
Oleh : Iqbal Mustika, Handoko Khusumo
Banyuwangi pojokpitu.com, Ratusan nelayan se Jawa dan Bali, antusias mengikuti lomba balap perahu layar tradisional yang digelar di Pantai Ketapang, Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi.

Untuk mengikuti perlombaan ini, para nelayan harus mengeluarkan tenaga ekstra serta saling beradu kecepatan mengarungi selat bali untuk sampai digaris finish.

Kegiatan tahunan ini merupakan ajang silaturahmi halal bihalal para nelayan yang ada di pesisir pantai selat Bali, sekaligus dalam rangka memperingati hari ulang tahun pangkalan TNI AL Lanal Banyuwangi yang ke-48.

Sebelum dilepas, seluruh perahu peserta dijajarkan di bibir pantai bersiap mengambil start serta melewati tahapan seleksi yang ditentukan oleh panitia, yang meliputi ukuran layar dengan tinggi maksimal 7,3 meter dan lebar katir perahu.

Para peserta akan dilepas menjadi 5 etape, masing-masing etape terdiri dari 20 peserta. Setelah mendapat aba-aba dari panitia, para peserta beradu kecepatan mengarungi selat bali sejauh 12 mill, dimulai dari pesisir Pulau Jawa menuju Pulau Bali hingga finish kembali ke Pulau Jawa.

Aksi saling kejar-kejaranpun tidak dihindarkan, dalam kompetisi balap perahu layar tradisional ini. Meski banyak peserta yang merasa kelelahan, namun mereka mengaku senang mengikuti perlombaan yang sudah menjadi tradisi setiap tahunnya. Tidak hanya kaum muda, para peserta lanjut usia juga ikut meramaikan balap perahu layar tradisional ini.

Selat bali yang terkenal dengan arus derasnya, membuat para peserta harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk sampai digaris finish, karena para peserta hanya bermodal gayung dan arah angin untuk bisa menjadi yang tercepat. "Kecanngnya angin di tengah laut, membuat para peserta kesulitan mengendalikan kemudi perahu," ujar Imam, peserta lomba.

Letkol Laut (P) Yulius Azz Zaenal, Komandan Lanal Banyuwangi, menerangkan, ajang perlombaan ini merupakan rangkaian kegiatan yang digelar oleh pangkalan TNI AL, Lanal Banyuwangi dalam rangka memperingati hari ulang tahun Lanal Banyuwangi yang ke 48.

Selain untuk ajang silaturrahmi bagi para nelayan, ajang ini juga memperbutkan piala bergilir lomba perahu layar Danlanal Banyuwangi Cup 2019. Diharapkan dengan kegiatan ini, para nelayan ini bisa menjaga kebersihan dan ekosistem laut terutama di perairan selat Bali. (yos)

Berita Terkait


Ratusan Nelayan Ikuti Lomba Perayu Layar di Selat Bali


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber