Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Ajak Wirausaha Lokal Berbasis Nasional
Senin, 26-08-2019 | 21:15 wib
Oleh : Unggul Dwi Cahyono, Muhammad Zainurofi
Kediri pojokpitu.com, Dalam meningkatkan sektor perekonomian ditingkat desa, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, gelar pelatihan berwirausaha di Kampung Flory, Sleman, Jawa Tengah.

Pelatihan ini bertujuan mengangkat kearifan lokal yang berbasis destinasi wisata nasional, juga sebagai pemeberdayaan sumber saya manusia sekitar.

Fokus pelatihan meliputi upaya optimalisasi sumberdaya alam, keikutsertaan sumberdaya manusia, serta teknik penjualan destinasi wisata tersebut.

Pengelolaan destinasi wisata desa berbasis nasional jelas berbeda dengan destinasi wisata modern. Perbedaan terletak pada SDA yang dituntut untuk tetap asri, dengan suasana pedesaan. Seperti taman hijau, makanan khas daerah hingga outbond yang disesuaikan dengan kultur daerah.

pengelola kampung flory, Sudi Hartono, mengatakan, meski sempat terkendala pada pengurusan izin awal, pihaknya kini mampu berkembang pesat menjadi wisata alam berlabel nasional.

"Dalam sebulan, para pengunjung rata-rata mencapai 10 ribu orang dari berbagai wialayah di indonesia. dan dengan pendapatan 400-500 juta per bulan," Ujar Sudi Hartono.

Menurut Kapala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri , Musni Hardi Kusuma Atmaja, memang target kami adalah membantu desa menjadi agro wisata. "Yakni selain berwisata alam, juga dapat menikmati makanan hasil olahan khas daerah tersebut," ujar Musni Hardi Kusuma Atmaja.

Dengan adanya wisata desa ini, pemerintah mampu meningkatkan kesejahteraan warga. Serta memberikan edukasi bagi wisatawan untuk dapat menjaga lingkungan agar bermanfaat. (yos)

Berita Terkait


Ajak Wirausaha Lokal Berbasis Nasional

Fasilitasi Korban PHK dengan Pelatihan Wirausaha


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber