Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Polisi Dibantu Warga Padamkan Kebakaran Hutan Gunung Geger Pagak
Senin, 26-08-2019 | 19:24 wib
Oleh : Khaerul Anwar
Malang pojokpitu.com, Musim kemarau memang sangat mudah menimbulkan percikan api akibat puntung rokok yang dibuang di sekitar hutan. Seperti yang terjadi di hutan kawasan Gunung Geger yang berada di Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang, yang segera dilaporkan polisi dan kesigapan anggota Sabhara yang tengah patroli dibantu Polsek Pagak dan masyarakat dapat meredam api.

Aparat kepolisian dari Unit Sabhara Polres Malang bersama Polsek Pagak dan dibantu masyarakat dalam memadamkan api yang membakar hutan di kawasan Gunung Geger, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang.

Musim kemarau yang sangat rentan akan Karhutla saat ini, terbukti terjadi di wilayah tersebut yang diduga akibat pembuangan puntung rokok sembarangan oleh pengendara yang melintas.

Akibatnya, daun kering yang berada di sekitar kawasan hutan gampang tersulut api hingga kebakaran terjadi. Namun kesigapan anggota Sabhara yang tengah patroli dengan dibantu Polsek Pagak dan masyarakat mampu menjinakkan api yang belum sempat menjalar.

Hal itu dilakukan dengan ranting pohon yang masih memiliki daun hijau, yang dilakukan manual dengan memfokuskan kobaran api yang ada di sekitar hutan yang terbakar, dan sekitar setengah hektar lahan yang terbakar.

Usaha keras aparat kepolisian, masyarakat serta muspika berhasil memadamkan api, dan diteruskan dengan pembasahan oleh kendaraan pemadam kebakaran yang sengaja dipanggil untuk mempersempit penyebaran api.

Untuk musim kemarau panjang kali ini, wilayah hukum Polres Malang sudah mendapatkan laporan dua hutan yang ada di wilayah Kecamatan Sumbermanjing Wetan dan Pagak yang mengalami kebakaran, namun dapat segera teratasi secara manual.

Menurut AKP Kusmindar, Kasat Sabhara Polres Malang, petugas Sabhara yang tengah berpatroli mendapatkan laporan adanya kebakaran hutan di wilayah Gunung Geger. Polsek Pagak dan dibantu masyarakat pun segera memadamkan api yang membakar sekitar setengah hektar lahan tersebut.

AKP Kus menambahkan, kepada masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan di sekitar hutan serta membakar sampah maupun sisa panen, agar tidak terjadi kebakaran hutan maupun lahan yang tengah dikelilingi daun kering.

Apabila terjadi kebakaran, untuk segera melaporkan kepada yang berwajib jika terjadi kebakaran hutan dan lahan kosong, agar segera ditangani dengan menggandeng muspika dan juga bantuan masyarakat sekitar.(end)




Berita Terkait


Hutan Pinus di Lumajang Terbakar

Kebakaran Hutan Ancam Gedung Sekolah Dasar, Siswa Dipulangkan

Polisi Dibantu Warga Padamkan Kebakaran Hutan Gunung Geger Pagak

Hutan Jati Tanjung Sari Ludes Dilalap si Jago Merah


Dua Titik Api Kebakaran Hutan Wlirang-Arjuna Padam

Tim Gabungan Pemadam Kebakaran Hutan Terkendala Medan

Kebakaran Hutan di Gunung Arjuno Terus Meluas, Bupati Pasuruan Harapkan Hujan Turun

Wagub Jatim Klaim Kebakaran Hutan di Jatim Tidak Parah
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber