Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Hukum 

Juru bicara KPK Febri Diansyah
KPK Akan Pangil Lagi PakDe Karwo Pekan Depan
Jum'at, 23-08-2019 | 10:34 wib
Oleh : Iman Pujiono
Jakarta pojokpitu.com, Mantan Gubernur Jawa Timur (Jatim) Sukarwo atau Pak De Karwo tidak datang memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi. Pak De seharusnya dimintai keterangan dalam kapasitasnya sebagai saksi atas kasus dugaan suap APBD Kabupaten Tulungagung 2015-2018 yang menjerat Ketua DPRD Tulungagung Supriyono .

Juru bicara KPK Febri Diansyah  pada Kamis (22/8) malam menyampaikan, penyidik KPK menjadwalkan ulang Soekarwo Mantan Gubernur Jawa Timur menjadi saksi tersangkan atas nama Supriyono Ketua DPRD Tulungagung. Terkait pengadaan barang dan jasa di Pemerintah Kabupaten Tulungagung tahun 2018.

Febri menyatakan pemangilan ulang dilakukan pada pekan depan. "KPK berharab yang bersangkutan hadir untuk dimintai keterangan yang dibutuhkan," kata Febri.

Seperti diketahui, Supriyono diduga menerima uang sebesar Rp 4,8 miliar selama periode 2015 hingga 2018 dari Bupati Tulung Agung Syahri Mulyo.

Suap tersebut berkaitan dengan pembahasan, pengesahan,  dan pelaksanaan APBD dan atau APBD perubahan Kabupaten Tulungagung tahun 2018. Dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Tipikor Surabaya, Syahri Mulyo, divonis 10 tahun penjara.

Dalam persidangan Syahri Mulyo terungkap bahwa Supriyono menerima Rp 3,7 miliar dengan rincian.  Penerimaan fee proyek APBD murni dan APBD perubahan selama 4 tahun berturut pada 2014-2017 sebesar Rp 500 juta, setiap tahunnya atau total sekitar Rp 2 miliar.

Penerimaan yang diduga untuk memperlancar proses pembahasan APBD, mempermudah pencairan DAK,  dan bantuan keuangan provinsi sebesar Rp 750 juta sejak 2014 hingga 2018.  Fee proyek di Kabupaten Tulungagung selama tahun 2017 sebesar Rp 1 miliar. (Pul/vd:yan)

Berita Terkait


Diperiksa 8 Jam Pakde Karwo Ditanya 10 Pertanyaan Oleh Penyidik

Akhirnya Pagi Ini Pak De Karwo Penuhi Pangilan KPK

KPK Kembali Panggil Pakde Karwo Rabu Besok

KPK Akan Pangil Lagi PakDe Karwo Pekan Depan


KPK Periksa Dua Orang Dekat Pakde Karwo Sebagai Saksi Ketua DPRD Tulungagung

Ternyata Inilah Tugas Baru Untuk Pakde Karwo Dari Jokowi

Pakde Karwo Memilih Mengundurkan Diri

Musda Partai Demokrat, Ini Kandidat Ketua Pengganti Soekarwo

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber