Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Pasokan Air Waduk Wonorejo Menipis, Operasional PLTA Dibatasi 8 Jam Perhari
Jum'at, 23-08-2019 | 02:20 wib
Oleh : Agus Bondan
Tulungagung pojokpitu.com, Kemarau panjang yang terjadi saat ini, berdampak pada minimnya pasokan air ke Waduk Wonorejo, Tulungagung. Meski Elevasi air waduk saat ini masih berada diatas pola yang ditetapkan, namun penggunaan air untuk operasional PLTA, dibatasi menjadi 8 jam perhari. Penggunaan air waduk, diutamakan untuk keperluan irigasi.

Memasuki pertengahan musim kemarau tahun ini, pasokan air dari sejumlah sungai ke waduk Wonorejo, Tulungagung, sangat minim. Bahkan input air dari pemasok utama, yakni sungai song saat ini tidak ada sama sekali.

Sedangkan air dari tiga anak sungai lain yang masuk ke waduk, yakni kali putih, kali bodeng dan kali wangi, hanya sekitar 1 koma 5 hingga 2 meter kubik per detik.

Hadi Witoyo , Kepala Bendungan Wonorejo, mengatakan, persediaan air di Waduk Wonorejo, untuk kebutuhan selama musim kemarau yang diperkirakan terjadi hingga bulan november masih aman.

"Saat ini elevasi air berada dua meter diatas pola yang ditetapkan. Cadangan air di waduk berkapasitas bersih 106 juta meter kubik tersebut, saat ini masih sekitar 64 juta meter kubik," kata Hadi Witoyo.

Sementara itu untuk menjaga persediaan air, pihak pengelola bendungan wonorejo membatasi suplai air untuk operasional pembangkit listrik. PLTA Wonorejo yang biasanya beroperasi 24 jam perhari, mulai awal kemarau bulan juni lalu, dibatasi menjadi hanya 8 jam perhari.

Saat ini penggunaan air dari waduk wonorejo, diutamakan untuk keperluan irigasi. Irigasi persawahan yang disuplai dari waduk wonorejo, adalah area persawahan di wilayah Kecamatan Gondang dan sebagian Kecamatan Kauman. (yos)

Berita Terkait


Terdampak Kekeringan, Warga Ambil Air di Tengah Hutan

Kondisi Air Waduk Susut, Dimanfaatkan Warga untuk Menjaring Ikan

Krisis Air Bersih Meluas ke Kecamatan Lembeyan Magetan

Kekeringan Meluas, Satlantas Polres Bojonegoro Droping Air Bersih


Kekeringan Meluas, 22 Desa di Tuban Alami Krisis Air Bersih

Meluas, 7 Desa di Magetan Terdampak Kekeringan

Dampak Kekeringan, Petani Jagung Terpaksa Panen Dini

Kekeringan Ekstrim Landa Tuban, Merusak Tanaman Tembakau

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber