Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Makam Ulama Besar di Kawasan Lumpur Porong, Dirusak Orang Tidak Dikenal
Kamis, 22-08-2019 | 16:47 wib
Oleh : Mujianto Primadi
Sidoarjo pojokpitu.com, Makam ulama besar di wilayah lumpur Porong Kabupaten Sidoarjo dirusak orang yang tak dikenal pada Selasa kemarin. Pengerusakan diketahui berdasarkan keterangan petugas jaga makam, bahwa kondisi poster foto Kyai Haji Anas Al Ayuby yang menempel di dinding disobek dan sejumlah tasbih dirusak berserakan di lantai.

Kejadian pengerusakan makam ini sangat disayangkan oleh Hj. Dewi Ainun Mariyah, istri almarhum Kyai Haji Anas Al Ayubi dan Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Porong Kabupaten Sidoarjo. ,

"Pengerusakan ini sudah terjadi dua kali sejak makam berada di dalam wilayah lumpur, tanpa ada kejelasan yang pasti siapa yang melakukan hal ini," kata Hj. Dewi Ainun Mariyah, istri KH Anas Al Ayuby.
 
Di kejadian dua kali ini, kondisi makam diketahui berantakan dengan adanya poster foto almarhum Kyai Haji Anas Al Ayuby tersobek terlepas dari dinding dan sobekan foto berada di dalam makam. Selain itu, sejumlah tasbih untuk peziarah diketahui juga berserakan di lantai dan ditemukan jejak kaki serta sebuah kelapa kosong.

Kejadian pengerusakan makan ini diketahui penjaga makam, Selasa siang sekitar pukul 13.00 WIB. Diduga pengerusakan ini terjadi pada Selasa pukul 10.00 WIB saat keadaan makam sepi peziarah, sehingga pelaku orang yang bertanggung jawab dengan leluasa merusak fasilitas makam.

Pengerusakan makam ini sangat disesalkan oleh Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Porong karena almarhum KH Anas Al Ayuby merupakan ulama yang cukup dihormati di kalangan NU. "Almarhum KH Anas Al Ayuby ini juga pernah menjabat Rois Syuriyah di PCNU Sidoarjo," kata H. Sugiono, Ketua MWCNU Porong.

Dari kejadian ini, Polsek Porong langsung melakukan investigasi kelokasi tempat kejadian perkara untuk ditindak lanjuti siapa pelaku dan motif pengerusakan makam tersebut.

Sementara Polsek Porong membawa sejumlah barang bukti seperti poster KH Anas Al Ayuby, tasbih dan sebuah kelapa kosong yang dirusak.(end)

Berita Terkait


Makam Ulama Besar di Kawasan Lumpur Porong, Dirusak Orang Tidak Dikenal

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber