Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Tempo Doeloe 

Ekskavasi dilakukan setelah tim arkeolog melakukan observasi dan menemukan struktur batu bata kuno yang terpendam di dalam tanah. Foto Aminuddin Ilham
BPCB Lakukan Eskavasi Situs Kuno Tribhuwana Tunggadewi
Selasa, 20-08-2019 | 20:12 wib
Oleh : Aminuddin Ilham
Mojokerto pojokpitu.com, Situs kuno Tribhuwana Tungga Dewi, di Desa Klinterejo, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, di eskavasi oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur.

Ekskavasi situs Kuno Tribhuwana Tunggadewi dilakukan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur. Penggalian di sekitar batu kuno yang konon sebagai tempat pemujaan ini, melibatkan sejumlah arkelogi dan pekerja dari BPCB.

Dari penggalian di sisi Petilasan Tribhuwana Tungga Dewi ini, ditemukan beberapa struktur batu bata kuno yang tersusun dengan kedalaman satu hingga lima meter. Diperkirakan di sekitar situs masih banyak tumpukan batu bata yang terus menyambung.

Pahadi, Kasub Unit Pemanfaatan BPCB Jatim mengatakan, ekskavasi setelah tim arkeologi menemukan adanya struktur batu bata kuno yang tertimbun tanah. Eskavasi bertujuan mengetahui bentuk asli dari Situs Tribhuwana Tungga Dewi yang berkuasa pada Zaman Kerajaan Majapahit.

Pada ekskavasi hari pertama ini, tim BPCB Jawa Timur, belum bisa menentukan panjang dan bentuk struktur bata kuno.  Rencananya, ekskavasi ini akan berlangsung hingga akhir bulan Agustus 2019. (pul)

Berita Terkait


Warga Kembali Temukan Batu Berelief Perempuan di Kompleks Percandian Gedog

Eskavasi Situs Kuno Arkeolog Temukan Bangunan Kuil

BPCB Lakukan Eskavasi Situs Kuno Tribhuwana Tunggadewi

BPCB Jatim Teliti Temuan Sumber Mata Air Bangunan Kuno


Situs Kuno Peninggalan Zaman Kahuripan Ditemukan Warga

Warga Beramai-Ramai Gali Situs Kuno Kerajaan Majapahit
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber