Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Politik 

Foto ilustrasi
Kaum Muda NU dan Masyarakat Sipil Serukan Hentikan Persekusi
Selasa, 20-08-2019 | 14:14 wib
Oleh : Pulung Aji
Surabaya pojokpitu.com, Kejadian kekerasan, diskriminasi dan intoleransi yang dialami warga Papua di beberapa kota Indonesia sudah memantik aksi di Kota Manokwari dan Sorong dan Jayapura.

Merespon situasi ini, dari Kaum Muda NU terdiri atas PW Ansor Jatim, IPNU,IPPNU, PMII dan bersama Jaringan Gusdurian Jatim melakukan gerakan aksi kultural bersama, yang terus berupaya merajut rasa persaudaraan intens kepada seluruh mahasiswa Papua di wilayah Jawa Timur. Menurut Yuska Harimurti juru bicara Gusdurian Jatim, dalam rilisnya Selasa,(20/8) langkah ini demi terjaganya situasi keamanan dan pelaksanaan kehidupan demokrasi yang dewasa dan berkelanjutan. "Sesuai kesepakatan, kita menolak segala bentuk intoleransi sebagai pemicu disintegrasi bangsa," kata Yuska.

Selain itu, kaum muda Nu bertekat terus menjaga persaudaraan antar sesama anak bangsa tanpa diskriminasi, tanpa rasialis, dengan saling menghormati perbedaan latar belakang apapun. Serta menjaga, melindungi, dan mengayomi warga Papua yang tinggal di Surabaya dan Malang. Atas keamanan dan keselamatan mereka dalam menjalankan aktifitas atas dasar persamaan hak sebagai Warga Negara Indonesia.

Kaum Muda NU juga meminta kepada aparat penegak hukum bertindak tegas kepada siapapun yang melanggar UU dan mengusut secara tuntas, tanpa pandang bulu siapapun yang memicu terjadinya kerusuhan Papua. Demi tegaknya rasa keadilan demi terciptanya keamanan, ketertiban, kedamaian dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. "Lebih Tepat kita harus mengedepankan dialog dengan  pendekatan tradisi dan budaya kepada saudara-saudara kita di Papua, sebagai perwujudan kemanusiaan yang adil dan berdab," tambah Yuska. (pul)

Berita Terkait


Syamsul Arifin, ASN Kasus Rasisme Papua Divonis 5 Bulan Penjara

Pengurangan Atlit Masih Menunggu PP Keluar Dari Presiden

Jatim Siap Menjadi Tuan Rumah Pendamping Pon

DPD RI Surati Presiden Terkait Nasib 13 Cabor Yang Gagal Dilombakan Pada PON XX 2020 Papua


Minta Maaf, Pelatih Pastikan Atlet Senam Shalfa Ikut PON Papua

Sukses Lolos PON XX-2020 Papua, Dapat Bonus Nglencer ke Luar Negeri

Mengalahkan DIY 3-0, Jatim Memastikan Tiket ke PON XX Papua

Perkara Rasisme Papua Terungkap Berkat Patroli Cyber
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber