Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Kekeringan, Warga Jombang Antre Droping Air Bersih
Senin, 19-08-2019 | 20:10 wib
Oleh : Saiful Mualimin
Berita Video : Kekeringan, Warga Jombang Antre Droping Air Bersih
Jombang pojokpitu.com, Kemarau panjang yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Jombang, membuat puluha warga rela antre mendapatkan air bersih. Mereka antre secara bergiliran setiap ada droping air dari petugas, kecilnya sumber air membuat warga harus rela menunggu setiap 10 hari sekali untuk mendapatkan air bersih.

Secara bergiliran warga membawa bak air ke lokasi truk pembawa air bersih  di pinggir jalan desa. Tampak puluhan bak  air sudah mengantre  di depan  truk tangki petugas Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD). Kondisi ini terjadi di Desa Marmoyo Kecamatan Kabuh Jombang.

Di Desa ini, setiap musim kemarau warga mengalami kesulitan air bersih. Meskipun ada bantuan air, namun tidak mencukupi kebutuhan konsumsi dan mandi. Akibatnya,warga harus mencari ke sumber air yang ada di kawasan pegunungan.

Khotipah, salah satu warga mengaku, kesulitan air yang dialami warga ini sudah terjadi sejak bulan april 2019 kemarin, air droping yang dikirim pemerintah hanya digunakan untuk kebutuhan memasak. 

Droping air biasanya datang setiap 10 hari sekali. jumlah air tersebut jauh dari kebutuhan air setiap harinya. "Kita berharap jumlah  droping air diperbanyak  untuk memenuhi kebutuhan konsumsi warga," kata Khotipah.

Saat tidak ada droping air warga biasanya memburu air bersih dari pegunungan yang masih menyisakan sedikit sumber air, meskipun harus menempuh jarak berkilo kilo mereka tetap menjalaninya.

Kedepan  warga berharap ada pengeboran air permanen untuk mengentaskan kesulitan air warga, apalagi kesulitan air di desa ini selalu datang saat musim kemarau melanda. (yos/vd:yan)

Berita Terkait


Memasuki Musim Pancaroba, 66 Desa di Trenggalek Masih Alami Kekeringan

Kemarau Berkelanjutan, Sumber PDAM di Pacitan Mengering

Warga Kabupaten Jember Kesulitan Air Bersih

Petani Memecah Batu di Sawah yang Masih Kering


Distribusi Air Bersih Untuk Warga Terdampak Kekeringan Terus Dilakukan

Ratusan Hektar Sawah Kekeringan, Petani Mengadu ke DPRD

Kekeringan Berkepanjangan, Ribuan Santri Gelar Sholat Minta Hujan

220 Hektar Lahan Padi Petani Gagal Panen Karena Kekeringan
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber