Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Upacara Sembahyang Rebutan, Ribuan Warga Berdesakan Antre Sembako
Senin, 19-08-2019 | 16:30 wib
Oleh : Agus Bondan
Tulungagung pojokpitu.com, Ribuan warga berdesakan mengantre pembagian sembako di Klenteng Tjoe Tik Kiong, Tulungagung. Pembagian ribuan paket sembako ini, dalam rangka upacara tradisi ulam bana atau sembahyang rebutan, yang diselenggarakan rutin setiap tahun.

Tradisi ulam bana atau sembahyang rebutan yang digelar Klenteng Tjoe Tik Kiong Tulungagung, dimanfaatkan oleh ribuan warga sekitar klenteng untuk mendapatkan paket sembako. 

Tidak hanya orang dewasa, sejumlah anak-anak juga turut mengantre, dalam pembagian paket berisi beras, mie instan, gula, dan minyak goreng, serta buah-buahan ini.

Tradisi sembahyang rebutan diawali upacara yang diikuti oleh umat klenteng. Menurut salah seorang pengurus klenteng tjoe tik kiong , Wibitono, upacara sembahyang rebutan atau ulam bana ini dalam tradisi masyarakat tiongkok, adalah untuk memberikan makan atau sesaji kepada arwah, agar tenang di alamnya dan tidak mengganggu manusia yang masih hidup di dunia.

Usai dilakukan sembayangan di depan panggung yang berisikan beraneka macam bahan pangan, ribuan warga langsung berdesakan ingin lebih dulu memperoleh sembako. "Dalam sembahyang rebutan kali ini, pihak kleteng menyediakan tiga ribu paket sembako," kata Wibitono.

Paket sembako dan buah yang dibagikan, berasal dari sumbangan jamaah klenteng tjoe tik kiong, dengan mendapat pengawalan pihak kepolisian dan tni, pembagian ribuan paket sembako berjalan tertib dan lancar.

Salah seorang warga, Wartini, mengaku mengantre selama dua jam, untuk mendapatkan paket sembako. Menurutnya paket sembako ini cukup membantu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sembahyang rebutan atau ulam bana ini, biasanya dilaksanakan oleh pengurus klenteng tjoe tik kiong Tulungagung, setiap tanggal 15 bulan 7 tahun imlek.

Menurut kepercayaan mereka, pada tanggal tersebut pintu neraka dibuka dan para arwah berkeliaran untuk mencari makan. (yos)

Berita Terkait


Upacara Sembahyang Rebutan, Ribuan Warga Berdesakan Antre Sembako

Kenalkan Tradisi Sembahyang Xin Jia di Klenteng Sejak Dini


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber