Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Perajin Kostum Karnaval Berkarakter Banjir Order
Senin, 19-08-2019 | 15:40 wib
Oleh : Khaerul Anwar
Malang pojokpitu.com, Perayaan hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia selalu diperingati dengan kemeriahan di setiap daerah di Indonesia. Diantaranya berupa gelaran karnaval sebagai wujud pesta rakyat dengan berbagai hiasan dan kostum yang ditampilkan. Hal ini menjadi berkah tersendiri bagi perajin costum berkarakter di wilayah Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. Kostum-kostum ini menjadi buruan warga dalam mencari kostum unik untuk memeriahkan even karnaval Agustusan.

Salah satu workshop perajin kostum karakter di Desa Kademangan, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, yang sibuk mengerjakan berbagai kostum unik untuk pementasan karnaval dengan karakter-karakter yang bervarian.

Sejumlah pemuda desa nampak membuat kostum dengan berbagai karakter sesuai permintaan pemesan. Tak pelak, moment satu tahun sekali ini, menjadi berkah tersendiri bagi mereka.

Selain menerima pesanan cosplay, di tempat ini juga menyewakan sejumlah kostum yang biasa digunakan dalam memeriahkan event karnaval.

Menurut salah satu perajin kostum, Singgih Trimayoga, pembuatan kostum karakter ini dimulai sejak tahun 2014 silam, bermula dari kebiasaan warga di desanya dalam berinovasi menciptakan kostum saat karnaval. Setelah banyak koleksi karakter terkumpul, maka ia dan teman-temannya menyewakan kostum karakter berbahan busa tersebut.

Bila memasuki bulan Agustus, hampir seluruh koleksi kostumnya sudah habis terpesan. "Harga sewa dipatok mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 350 ribu per kostum. Sementara, untuk pembuatan kostum karakter sesuai pesanan, dipatok dari harga Rp 300 ribu hingga Rp 3 juta, melihat dari rumitnya karakter yang dibuat," kata Singgih Trimayoga, perajin kostum karakter.

Kostum buatan mereka juga tidak hanya digunakan saat perayaan Agustusan saja, melainkan juga dipesan ketika ada acara Suroan,
hingga acara kecil lainnya yang membutuhkan hasil karyanya.

Hasil kostum karakter karyanya pun, kini tak hanya dipesan ataupun disewa oleh warga Kabupaten Malang saja. Namun juga sudah merambah ke beberapa wilayah lain, seperti Blitar, Jember hingga Banyuwangi.(end)

Berita Terkait


Perajin Kostum Karnaval Berkarakter Banjir Order

Warga Lomba Karnaval Unik Gunakan Kostum Daur Ulang

Sambut Tahun Baru Islam, Ribuan Peserta Meriahkan Karnaval Nusantara

Kepala Sekolah TK PAUD Karnaval Pakai Cadar Dicopot


Karnaval Hari Pahlawan, Ratusan Warga Unjuk Gigi Pamerkan Kostum Paling Unik

Karnaval Semangat Kebersamaan di Hari Santri

Sambut Tahun Baru Islam, Ribuan Peserta Meriahkan Karnaval Nusantara

Kencong Kota Tua, Karnaval Mengusung Sejarah Masa Lampau

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber