Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Malang Raya 

Pelaku Penipuan Jaringan Internasional Dibekuk Satreskrim Polres Malang
Minggu, 18-08-2019 | 17:10 wib
Oleh : Khaerul Anwar
Malang pojokpitu.com, Dua pelaku penipuan jaringan internasional yang bersekongkol melakukan penipuan terhadap korban, ditangkap Satreskrim Polres Malang.

Pelaku Ekene Ugwuanyi (34) warga negara Nigeria dan Lina Lifrianti (34) warga Jakabaring, Palembang Sumatera Selatan. Mereka ditangkap Satreskrim Polres Malang lantaran melakukan penipuan online kepada warga Kabupaten Malang.

Mereka sudah bersekongkol melakukan penipuan kepada warga negara Indonesia maupun warga asing di luar negeri. Aksi mereka sudah terorganisir dengan baik.

Menurut Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung, dalam menjalankan aksinya pelaku menghubungi korban melalui pesan pendek dengan mengiming-imingi memberikan paket hadiah. Didalamnya terdapat uang lebih dari 34 ribu Dollar Amerika Serikat.

Setelah berhasil merayu korban, pelaku meminta korban untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening pelaku, sebelum paket hadiah tersebut dikirim ke alamat korban dengan alasan biaya pengurusan administrasi. Namun setelah uang pengurusan ditransfer, paket hadiah tak kunjung diterima oleh korban.

Bahkan pelaku kembali mengubungi korban untuk kembali mentransferkan sejumlah uang yang kedua kali guna pengurusan di bea cukai. Korban mengalami kerugian mencapai 37 juta akibat aksi penipuan ini.

Dari hasil penyelidikan kepolisian, kedua pelaku ini merupakan sindikat penipuan online jaringan internasional yang sudah menjalankan aksinya selama 6 bulan di Indonesia. Sejauh ini tercatat 2 korban asal Kabupaten Malang yang melapor ke pihak kepolisian. "Sedangkan dari barang bukti yang berhasil disita, ditemukan catatan nama korban sebanyak 50 orang, baik asal Indonesia ataupun luar negeri," kata AKBP Yade Setiawan Ujung.

Pelaku sendiri ditangkap petugas di sebuah apartemen di daerah Depok setelah petugas mendapat laporan dari korban. Bersama pelaku, polisi mengamankan sejumlah barang bukti, diantaranya berupa beberapa ponsel, rekening tabungan, sejumlah nomor telepon, buku catatan milik pelaku serta paspor.

Hingga kini kasus ini masih dalam pengembangan pihak kepolisian. Sementara kedua pelaku dijerat dengan pasal 378 KUHP tentang penipuan junto undang-undang ITE ancaman hukumannya maksimal 10 tahun penjara. (pul)




Berita Terkait


Tipu Korban Hingga Ratusan Juta, Pelaku Penipuan CPNS Diamankan Polisi Trenggalek

Pelaku Penipuan Jaringan Internasional Dibekuk Satreskrim Polres Malang

Developer Abal-Abal Tipu User Perumahan Milyaran Rupiah

Polisi Tangkap 2 Pelaku Penipuan dan Penggelapan


Polda Jatim Tetapkan Satu Tersangka Kasus Penipuan JCH

Dua Calon Jamaah Haji Korban Penipuan Terdaftar di Kemenag Kabupaten Pasuruan

Polisi Tangkap 2 Pelaku Penipuan dan Penggelapan

Dua Pelaku Penipuan Bermodus Penggandaan Uang Diringkus Polisi

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber