Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Pakar Hukum Administrasi Unair Sri Winarsi
Besar Kemungkinan Daerah Lain Akan Kena KPK
Jum'at, 16-08-2019 | 18:00 wib
Oleh : Atiqoh Hasan
Surabaya pojokpitu.com, Komisi Pemberantasan Korupsi, KPK kembali memasuki Jawa Timur untuk memeriksa sejumlah dugaan kasus korupsi. Terbaru, dugaan kasus korupsi bantuan keuangan Pemprov Jatim pada APBD Tulungagung yang menyeret sejumlah nama. Termasuk ajudan Mantan Gubernur Jatim, Karsali.

Terkait hal ini, Pakar Hukum Administrasi Unair Sri Winarsi menilai, dugaan korupsi bisa dilihat dari sumber pendanaan. Jika dana yang diberikan dititipkan ke kabupaten/kota sesuai keabsahan wewenang, prosedur dan substansi, kecil kemungkinan menyalahi aturan.

"Adanya dugaan kasus korupsi yang merupakan temuan KPK kesekian kalinya di Jawa Timur, pasti ada bukti yang mendukung," kata Sri Winarsih.

Pihaknya memprediksi, akan ada daerah lain yang menyusul, dengan kasus serupa. Sebab, KPK memiliki catatan merah di Jawa Timur lantaran menilai ada proses pelanggaran yang dilakukan sejumlah tokoh maupun pejabat publik. "Tulungagung sebagai daerah sampling yang memungkinkan bagi KPK untuk memeriksa daerah lain," tambah Sri Winarsi.

Sri menyebut, tidak mungkin terdakwa kasus korupsi melakukan tindakan bertentangan hukum tanpa tahu undang-undang atau aturan yang berlaku. Sebab tugas pejabat publik adalah membuat dan menjalankan aturan sesuai tupoksi dan prosedur yang ada. (pul)

Berita Terkait


Besar Kemungkinan Daerah Lain Akan Kena KPK


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber