Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Mobil Data Cerdas Bisa Mencatat Kondisi Udara dan Jalan
Kamis, 15-08-2019 | 19:45 wib
Oleh : Bagus Setiawan
Surabaya pojokpitu.com, Universitas swasta di Surabaya berhasil mengembangkan inovasi mobil data cerdas. Melalui sejumlah sensor yang dipasang, mobil data cerdas ini berfungsi memberikan laporan kualitas udara, serta kondisi jalan raya secara real time. Namun mobil data cerdas ini akan terus dikembangkan untuk menangkap banyak data, termasuk data tempat maupun personal tiap warga seperti di Surabaya.

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Kamis siang meluncurkan pengembangan mobil data cerdas yang sementara ini berfungsi untuk melaporkan data tentang kualitas udara, hingga data tentang lalu lintas serta kondisi jalan.

"Mobil data cerdas ini dilengkapi oleh beberapa sensor yang terletak di bagian atas mobil , dimana sensor akan melaporkan tingkat polusi udara secara real time untuk membantu Dinas Lingkungan Hidup mendata dimana dan kapan tingkat polusi tinggi di kota surabaya . Sensor kualitas udara ini akan melaporkan kadar CO, CO2, O3, PM10, SO2, serta NO2," kata Prof Dr Ir Achmad Jazidie, Rektor Unusa.

Untuk data lalu lintas , mobil data cerdas ini dapat mengolah data dan memberikan laporan tentang jalan rusak dan berlubang, serta kemacetan dan penyebabnya , data yang disampaikan akan berupa gambar lokasi secara real time. "Mobil data cerdas ini akan membantu kota, seperti Surabaya untuk menjadi smart city dalam era digital," kata Mohammad Nuh, ketua yarsis.

Pengembangan mobil data cerdas ini, bekerjasama dengan sebuah perusahaan cyber di Indonesia . Diharapkan, mobil data cerdas ini dapat mengajarkan masyarakat tentang pentingnya data dalam kehidupan, khususnya.(end)



Berita Terkait


Mobil Data Cerdas Bisa Mencatat Kondisi Udara dan Jalan


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber