Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Bandara Juanda Akan Diperluas
Rabu, 14-08-2019 | 19:37 wib
Oleh : Mujianto Primadi
Sidoarjo pojokpitu.com, Kapasitas saat ini yang hanya menampung 6 juta penumpang dan untuk dapat menampung lebih dari 13,6 juta penumpang per tahun, Bandara Internasional Juanda Surabaya akan diperluas mulai tahun ini. Pembangunan perluasan bandara ini akan terbagi dengan dua tahap, baik untuk penambahan apron hingga arsitektur bangunan bandara juga akan direnovasi dengan ornamen jawa timuran.

Memasuki tahun 2019 saat ini, Bandara Internasional Juanda Surabaya akan lakukan perluasan dan pengembangan, khususnya untuk para melayani para penumpang di terminal 1. Tak hanya penampangan area parkir pesawat juga ditambah untuk dapat menampung pesawat lebih banyak, namun juga peremajaan bangunan bandara yang akan dibuat lebih ke ornamen Jawa Timuran.

Heru Prasetyo, General Manager PT Angkasa Pura 1 Surabaya mengatakan, perluasan T1 dan pembenahan interior beserta fasilitas penunjang bandara ini sudah mulai dilakukan sejak Juli 2019 lalu. Terminal yang tadinya seluas 62,700 meter persegi
berkapasitas 6 juta penumpang per tahun akan diperluas menjadi 91,700 meter persegi dengan kapasitas 13,6 juta penumpang per tahun, dengan investasi sebesar Rp 685 miliar.

Perluasan T1 yang berada di sebelah timur terminal eksisting ini nantinya akan berfungsi sebagai terminal pemberangkatan umroh mengingat 13 persen dari total penumpang Bandara Juanda di tahun 2018 adalah jemaah umroh.

"Setelah perluasan tahap I ini selesai, T1 Bandara Juanda nantinya akan kembali diperluas di tahap II menjadi 137.200 meter persegi sehingga akan mampu melayani 15,2 juta penumpang per tahun. Selama 2018 hingga sekarang bandara terbesar di Jawa Timur ini melayani 20,6 juta penumpang, naik 4,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya," paparnya.

Bandara Juanda sebenarnya telah mengalami lack of capacity mengingat kapasitas yang dimilikinya sebenarnya hanya untuk melayani 14,5 juta penumpang per tahun. Bahkan T1 yang kapasitasnya hanya 6 juta penumpang per tahun terpaksa harus melayani 16,4 juta penumpang pada tahun 2018 lalu.

Selain diperluas, interior T1 bandara juanda juga akan dipercantik dengan konsep yang memadukan ornamen tradisional dengan modern dengan pakem arsitektur Jawa Timuran, dengan penunjang lainnya seperti elevator travelator eskalator serta baggage handling system.  Diharapkan dengan penambahan tersebut dapat meningkatkan level of service serta kenyamanan bagi para pengguna jasa bandara tanpa mengesampingkan aspek keselamatan dan keamanan.(end)

Berita Terkait


Bandara Juanda Akan Diperluas

Terminal 1 Bandara Juanda Akan Dilakukan Perluas Tahun Ini

Pasca Ditutup Selama Tiga Jam, Aktifitas Bandara Kembali Normal

Antisipasi Kunjungan 1 Juta Wisman, Angkasa Pura I Tambah Kapasitas


Bandara Juanda Akan Diperluas

Lolos 2 kali, Penyelundup Sabu Malaysia Ditangkap di Bandara Juanda Surabaya

Arus Mudik di Bandara Juanda, Tiket Rute Medan dan Denpasar Ludes Terjual

Arus Mudik Bandara Juanda Didominasi TKI

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber