Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Mencuri dan Rusak Fasilitas Wisata, 6 Orang Diamankan Polres Trenggalek
Rabu, 14-08-2019 | 17:22 wib
Oleh : Simon Bagus, Mochammad Herlambang
Trenggalek pojokpitu.com, Polres Trenggalek mengungkap kasus dugaan pencurian dengan pemberatan dan pengrusakan fasilitas bangunan di kawasan Wisata Tebing Via Verata Gunung Sepikul yang berada di Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Tafsiran kerugian sendiri mencapai Rp 40 juta.

Kapolres Trenggalek, AKBP Didit Bambang Wibowo Saputro menjelaskan, sejumlah 7 orang ditetapkan sebagai tersangka, dengan 6 orang di antaranya sudah diamankan yaitu Nanang Wahyudi, Firdaus Khoiru Mahfud, Aris Santoso, Kariman, Muyoto, dan Bambang Suroso. Keenam tersangka merupakan warga Desa Watuagung, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. 1 orang lagi ditetapkan sebagai DPO.

Awal kejadian bermula saat korban yang merupakan pengelola wisata panjat tebing Via Verata Gunung Sepikul merasa resah karena sering kehilangan barang yang merupakan fasilitas di tempat wisata tersebut. Kerugian sendiri ditafsir mencapai Rp 40 juta. Korban kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Watulimo.

Setelah dilakukan serangkaian penyelidikan, petugas berhasil mengamankan Nanang Wahyudi dan Firdaus Khoiru Mahfud pada tanggal 5 Juni 2019 pada saat bekerja di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Dari penangkapan kedua pelaku, petugas kemudian melakukan pengembangan dan berhasil menangkap Aris Santoso, Kariman, dan Muyoto. Ketiganya ditangkap di rumah masing-masing pada tanggal 6 Agustus 2019. Berdasar keterangan ketiga pelaku tersebut, petugas kemudian menangkap Bambang Suroso di rumahnya pada 7 Agustus 2019.

"Motif pelaku sendiri diduga ingin mengambil barang tanpa izin dan merusak bangunan dengan melawan hak untuk memiliki barang tersebut, untuk selanjutnya dijual dan hasilnya digunakan untuk pribadi. Semua pelaku dan barang bukti untuk sekarang diamankan di Polres Trenggalek," tutur AKBP Didit Bambang Wibowo Saputro.

Dari tangan tersangka, petugas amankan beberapa barang bukti berupa gergaji, obeng, tang, sabit, palu, alat pengaman panjat tebing, kitchen set, meja, serta satu unit mobil.

Tersangka akan dikenakan pasal 200 ayat (1) kuhpidana dan atau pasal 363 ayat (1) ke-4e dan ke-5e kuhpidana dengan ancaman pidana maksimal 15 dan atau 5 tahun penjara.(end)

Berita Terkait


Kepergok dan Terekam CCTV, Johan Ditangkap Karena Mencuri

Sindikat Pencurian Antar Provinsi, Satroni Rumah Anggota Polisi

Pura Pura Sholat, Seorang Pemuda Nekat Mencuri Mixer Audio Masjid

Terekam CCTV, Maling Spesialis Swalayan Diringkus Polisi


Polisi Jember Tembak 2 Pelaku Pencurian Spesialis Kos-Kosan

Aksi Pencurian Gabah Petani Terekam CCTV

Miris, Bapak Ajak Anak Lakukan Pencurian Uang di SPBU

Tiga Pelaku Pencurian Kayu Hutan dan Penjualnya Berhasil Diringkus Reskrim Polsek Donomulyo

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber