Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Kesehatan 

Alhamdulillah, Aqila dan Azila Berhasil Dipisahkan
Rabu, 14-08-2019 | 15:34 wib
Oleh : Amar Bahri
Surabaya pojokpitu.com, Tim dokter Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo Surabaya, Rabu (14/8) pukul 11.55 WIB berhasil memisahkan bayi kembar siam dempet dada dan perut (thoracoabdomino phagus). bayi kembar siam asal Kendari, Sulawesi Tenggara ini, bernama Aqila dan Azila.

Menurut dr Agus Harianto Ketua Tim Penanganan Kembar Siam, operasi separasi pemisahan Aqila dan Azila berjalan lancar. Saat ini kedua bayi sudah dibawa ke kamar ICU masing-masing untuk menjalani operasi rekonstruksi.

Sebelumnya, dr Poerwadi Wakil Ketua Tim Penanganan Kembar Siam RSUD Dr Soetomo menjelaskan, tim dokter berhasil melakukan operasi pemisahan liver pada pukul 10.40 WIB.

Kondisi kesehatan bayi Aqila dengan penanda warna hijau, mengalami hernia umbilica atau tali pusar bolong dan ususnya masuk ke dalam. Sehingga saat operasi tali pusar, tim dokter memberikan pusar ke bayi hijau yakni bayi Aqila. Sementara bayi dengan penanda warna kuning Azila akan dibuatkan tali pusar.

"Alhamdulilah, liver dan dinding perut Aqila dan Azila berhasil dipisahkan, tetapi bayi hijau ada hernia umblicia nanti kami perbaikin sedangkan bayi kuning akan kami buat pusar buatan," kata dr Poerwadi.

Dr Poewardi sempat mengkhawatirkan selaput jantung yang dapat mepengaruhi berjalannya operasi. Apabila selaput jantungnya Aqila dan Azila terpisah, maka operasinya akan berjalan dengan mudah dan cepat. 

Sementara itu dr David Kusuma dari spesialis bedah plastik Tim Penanganan Kembar Siam RSUD dr Soetomo mengatakan pperasi berjalan dengan lancar dan lebih cepat dari yang diperkirakan. Rangkaian operasi pemisahan dilakukan di ruang 016 lantai 4 Gedung Bedah Pusat Terpadu GBPT ditangani oleh 70 dokter. Seperti dokter anastesi, dokter bedah anak, dokter jantung, hingga dokter bedah plastik.

"Setelah berhasil dipisahkan, kemudian dipindahkan ke ruang yang berbeda untuk ditangani oleh dokter bedah plastik," kata dr David Kusuma.

Selanjutnya tim dokter bedah plastik akan melakukan operasi untuk menutup jaringan kulit yang berdempet. Penutupan jaringan kulit Aqila lebih cepat karena area dempet lebih kecil, sementara Azila membutuhkan waktu yang lebih lama, karena area dempet lebih lebar yaitu mencapai 10 centi meter. "Tim dokter bedah plastik harus mendesain agar kulit bisa bergeser dan tidak membahayakan si bayi," tambah dr David Kusuma. (pul/yan)

Berita Terkait


Stabil, Bayi Aqila Keluar ICU Lebih Cepat

Pasca Operasi, Bayi Kembar Siam Akila-Azila Stabil

Alhamdulillah, Aqila dan Azila Berhasil Dipisahkan

Hari Ini Operasi Kembar Siam Mulai Dilakukan


93 Kasus Bayi Kembar Siam Dibukukan

Pagi Ini Operasi Kandung Kencing Pada Kembar Siam Rohman

Bayi Kembar Siam yang Sempat Bertahan 2 Bulan Akhirnya Meningal Dunia

Kasihan, Bayi Kembar Siam Menyusul Khalisa Meninggal Dunia

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber