Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Ratusan lembar kulit ular yang disimpan dalam tiga buah tas besar itu berasal dari Denpasar, Bali. Sedianya akan dikirim ke Turki untuk dijadikan bahan kerajinan. Kasus ini terungkap setelah petugas pemeriksaan bandara mencurigai tiga tas besar WNA saat masuk di mesin x-ray avec. Foto Handoko
BKSDA Jawa Timur Menyita Ratusan Kulit Ular Sanca Kembang
Rabu, 14-08-2019 | 14:18 wib
Oleh : Iqbal Mustika dan Handoko Khusumo
Berita Video : BKSDA Jawa Timur Menyita Ratusan Kulit Ular Sanca Kembang
Banyuwangi pojokpitu.com, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur menyita ratusan kulit ular sanca kembang yang akan diselundupkan ke negara Turki oleh dua Warga Negara Asing melalui Bandara Internasional Banyuwangi.

Tiga tas besar itu dari 2 calon penumpang, telah disita petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Tiga tas besar warna hitam itu berisi kulit ular sanca siap pakai berjumlah 142 lembar.

Kepala Resort Konservasi Wilayah 14 , BKSDA Jawa Timur, Vivi Primayanti, membenarkan kalau ada upaya penyelundupan ratusan kulit ular sanca ke negara Turki melalui bandar udara Banyuwangi .

"Kasus ini terungkap setelah petugas pemeriksaan curiga dengan barang bawaan dua warga negara asing (WNA) asal Turki. Setelah tas dimasukkan ke dalam mesin x-ray avec, ternyata isinya mencurigakan," kata Vivi Primayanti.

Petugas terpaksa membongkar barang bawaan tersebut. Setelah dibongkar, ternyata isinya ratusan kulit ular sanca. Menurut pengakuan dua warga negara asing tersebut, kulit ular sanca kembang, atau yang bernama latin pitonretikulatus tersebut didapatnya dari kota Denpasar, untuk selanjutnya dibawa ke Turki melalui Bandar Udara Soekarno Hatta.

Meski bukan satwa dilindungi, namun satwa ini masuk dalam daftar avendik saites two, yaitu peredarannya harus dikontrol dengan menggunakan dokumen. "Sebab jika peredaran ini tidak dikontrol dikhawatirkan populasi ular sanca akan mengalami kepunahan, jika diburu secara brutal," tambah Vivi Primayanti.

Meski dua WNA asal Turki tetap diperbolehkan melanjutkan perjalanannya melalui bandara Banyuwangi, namun ratusan kulit ular sanca kembang tersebut disita petugas sebagai barang bukti.

Sebelumnya petugas BKSDA Jawa Timur juga berhasil menyita 517 lembar kulit biawak dari Banyuwangi yang akan dikirim ke wilayah Cileungsi, Bogor menggunakan jasa kargo angkasa pura 2, Bandara Internasional Banyuwangi. Pengiriman tersebut digagalkan petugas lantaran tak menyertakan kelengkapan dokumen asal-usul kulit biawak. (pul/yan)

Berita Terkait


BKSDA Jawa Timur Menyita Ratusan Kulit Ular Sanca Kembang

BKSDA Musnahkan Ratusan Burung Dan Hewan Ilegal

BKSDA Akan Melakukan Pelepasan Satwa Dilindungi

Kandang Transit Satwa BBKSDA Tidak Layak, Kondisi Hewan Memprihatinkan


Dinas Kehutanan dan BKSDA Datangi Penakaran Rusa Timor

BKSDA III Jember Amankan 2 Buaya Muara Dari Warga

106 Ekor Burung Selundupan Dibawa ke BBKSDA Mendapatkan Perawatan

Resahkan Warga, Seekor Monyet Ekor Panjang Diamankan Tim BKSDA

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber