Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Malang Raya 

Seorang pemuda pengangguran menjadi korban penipuan oknum Aparatur Sipil Negara. Uang puluhan juta rupiah lenyap, bersamaan dengan mimpi menjadi PNS. Foto Ali Makhrus
Oknum ASN Malang Tipu Warga, Uang Rp 75 Juta Raib
Rabu, 14-08-2019 | 13:32 wib
Oleh : Ali Makhrus
Berita Video : Oknum ASN Malang Tipu Warga, Uang Rp 75 Juta Raib
Malang pojokpitu.com, Status sebagai Pegawai Negeri Sipil masih menjadi pilihan utama para pencari kerja untuk memperbaiki nasib dan tingkat perekonomian. Kondisi ini yang kemudian dimanfaatkan oknum PNS mengeruk pundi-pundi rupiah dari korbannya.

Korban KS membawa sejumlah kwitansi catatan transaksi senilai puluhan juta rupiah, serta surat perjanjian kontrak kerja. KS pemuda asal Pakisaji, Kabupaten Malang, mendatangi kantor Kecamatan Blimbing Kota Malang karena merasa menjadi korban penipuan.

Didepan awak media, KS menjabarkan kronologis perkenalan dirinya dengan terlapor NP oknum ASN unit Trantib Kecamatan Blimbing bernama NP.
Dari beberapa kali pertemuan, KS meminta tolong kepada NP membantu dirinya lolos tes penjaringan Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintahan Kota Malang.

Dari kondisi tersebut, NP meminta sejumlah dana kepada KS total sebesar Rp 150 juta. Melalui sejumlah negosiasi, besaran uang pelicin lolos PNS  menjadi Rp 75 juta dan dibayarkan secara bertahap.

Namum, hingga pertengahan tahun 2019, status KS tetap pengangguran dan tidak menyandang sebagai ASN. Bahkan uang yang sudah terlanjur ia setorkan kepada oknum ASN baru dikembalikan Rp 20 juta.

Ironisnya , meski sudah gagal menjadi ASN dan kehilangan uang Rp 55 juta, oknum petugas trantib tersebut justru mangkir dari tugasnya sebagai ASN  dan tidak diketahui keberadaannya .

Saat ini , kasus penipuan berkedok penerimaan CPNS sudah masuk dalam tahap mediasi antara kedua belah pihak dengan bantuan camat Blimbing Muarib . "Paska terbongkarnya aksi-tipu-tipu April 2019 lalu , terlapor NP kerap absen dari posnya sebagai petugas trantib," kata Muarib Camat Blimbing.

Saat ini, korban dan keluarga menginginkan uang yang sudah disetor dapat dikembalikan oleh NP. Sementara kasus hukum dan tindak indisipliner yang dilakkukan terlapor, mereka serahkan kepada tim penyidik kepolisian Resort Malang Kota, serta Camat Blimbing. (pul)

Berita Terkait


Oknum ASN Malang Tipu Warga, Uang Rp 75 Juta Raib

Bolos Kerja, Pemkot Batu Akan Potong Tunjangan Kinerja ASN

Pasca Libur Lebaran, Beberapa ASN Telat Masuk Kerja

BKD Sidoarjo Bentuk Tim Pendataan ASN Bolos Kerja


Saat Harga Emas Naik, Warga Serbu Toko dan Jual Emasnya

Pengadaan Seragam ASN Senilai 2,3 M Juga Gagal Lelang

ASN Gugat Plt Walikota Pasuruan

Ratusan Orang Sambut Bebasnya LSM Aktifis Anti Korupsi

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber