Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Harga Cabai 85 Ribu, Olahan Sambal Jenggelek Khas Kota Probolinggo Tembus Mancanegara
Rabu, 14-08-2019 | 01:15 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Ditengah harga cabai rawit mencapai Rp 85 sampai Rp 100 ribu per kilo gramnya, tidak menyurutkan usaha kecil olahan sambal di Kota Probolinggo, Jawa Timur.

Terbukti, pada perayaan hari kemerdekaan RI ke 74 ini mendapat order sebanyak 4500 pices sambal olahan ikan jenggelek dari pemerintah provinsi Jawa Timur. Bahkan sambal olahan ini juga tembus pasar mancanegara.

Seperti usaha sambal olahan usaha kecil menengah milik Feni Nuraini, warga Jalan Kartini, Kelurahan Sukabumi, Kota Probolinggo, lantas gulung tikar.

Terbukti usahanya mampu bertahan, pada hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, mendapat order dari pemerintah provinsi Jawa Timur, yaitu untuk goody bag pada saat penurunan bendera upacara 17 Agustus.

Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 4500 pices harus disiapkan. Dengan banyaknya jumlah mambuat UKM yang dirintis sejak setahun lalu ini harus bekerja sama dengan ukm lain.

Bahan baku yang harus disediakan, mulai dari 6 kwintal olahan cabai rawit, cabai besar dan bawang merah. Bahan baku ini dibersihkan, hingga diolah menjadi sambal.

Mepetnya waktu produksi, membuat feni harus mengerahkan ibu-ibu kampung untuk membantu proses hingga menjadi sambal jadi.

Menurut Feni Nuraini, selai mendapat order dari pemprov jatim, sambal olahannya juga mencapai pasar mancanegara, Malaysia dan Singapura.

Sementara itu menurut Erlinus Slova, Ketua Koordinasi Asosiasi Makanan Minuman Jawa Timur, sampai sejauh ini ukm dibawah binaannya masih konsisten memproduksi, baik usaha makanan maupun minuman.

Pengusaha mamin, khususnya pengusaha olahan sambal berharap, agar harga cabai kembali normal, agar tingginya biaya produksi bisa ditekan seminim mungkin. (yos)

Berita Terkait


Hore..Harga Cabai dan Bawang Mulai Turun

Harga Cabai 85 Ribu, Olahan Sambal Jenggelek Khas Kota Probolinggo Tembus Mancanegara

Harga Cabai di Lamongan Tembus 100 Ribu Perkilo Gram

Permintaan Banyak Stok Bibit Cabai Kosong


Harga Cabai Operasi Pasar Bulog Masih Tetap Tinggi

Kemarau, Harga Cabai Rawit Terus Beranjak Naik

Harga Cabai di Lamongan Mencapai Rp 70 Ribu Perkilogram

Harga Cabai Makin Mahal Membuat Pembeli Sepi

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber