Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Tradisi Sedekah Bumi Larung Gunungan di Waduk Pacal dan Sosialisasi Gemar Ikan
Selasa, 13-08-2019 | 21:15 wib
Oleh : Avrizal Ilmi
Bojonegoro pojokpitu.com, Gemar ikan dan sedekah bumi larung waduk pacal ini merupakan acara tradisi tahunan, yang dilakukan masyarakat di sekitar waduk pacal Kabupaten Bojoengoro.

Acara ini di tandai dengan larung sesaji di tengah waduk pacal dan rebutan gunungan yang dibawa oleh warga sekitar.

Selain itu juga ada acara gemar ikan yang digelar oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro, yang merupakan agenda dalam setiap tahun sekali dilaksanakan. Tujuanya meningkatkan produktifitas ikan dan peningkatan gizi serta pendapatan masyarakat Kabupaten Bojonegoro.

Gemar ikan kali ini dilaksanakan sekaligus bersamaan dengan acara sedekah bumi larung di sekitar waduk pacal, waduk pacal terletak di Kecamatan Temayang sebelah selatan Kota Bojonegoro, dimana waduk tersebut digunakan untuk mata pencaharian bagi masyarakat sekitar.

Dihadiri oleh Muspika Kecamatan Temayang, Dinas Peternakan dan Perikanan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta warga sekitar yakni Desa Kedung Sumber, yang menjadi letak dari waduk pacal serta warga dari kecamatan lain yang menjadi nelayan serta mencari nafkah di waduk tersebut.

Sedekah bumi larung di waduk ini diawali dengan sambutan sambutan muspika setempat, serta Kabid Dinas Perikanan Imam Suprayogi, yang menyambut dengan atusiasme atas kerjasama ini.

"Saya berharap waduk pacal ini menjadi salah satu tempat untuk dikelola bersama dan menghasilkan bagi warga, dan dalam hal ini warga mampu menjaga kelestarian populasi didalamnya untuk keberlangsungan untuk kepentingan bersama," kata Imam Suprayogi.

Selain itu acara gemar ikan ini digelar juga ajang lomba memasak setingkat SMA dan SMK,lomba tersebut wajib menggunakan bahan dari ikan.

Serta diharapakan pada ajang gelar lomba memasak ikan ini untuk mengenalkan pada masyarakat, bahwa konsumsi ikan khususnya bagi masyarakat Kota Bojonegoro semakin digemari dari semua kalanagan dan usia. (yos)

Berita Terkait


Tradisi Sedekah Bumi Larung Gunungan di Waduk Pacal dan Sosialisasi Gemar Ikan

Tradisi Sedekah Bumi Larung Gunungan di Waduk Pacal dan Sosialisasi Gemar Ikan


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber