Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Politik 

PDIP ditetapkan sebagai peraih kursi terbanyak dengan jumlah 27 kursi di DPRD Jawa Timur untuk periode 2019-2024. Foto Nanda
KPU Jatim Tetapkan 120 Caleg Terpilih
Selasa, 13-08-2019 | 12:04 wib
Oleh : Nanda Andrianta
Berita Video : KPU Jatim Tetapkan 120 Caleg Terpilih
Surabaya pojokpitu.com, KPU Jawa Timur menggelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi partai politik, dan calon terpilih DPRD Provinsi Jawa Timur, Senin (12/8) malam.

Rapat pleno dipimpin langsung oleh Ketua KPU Jawa Timur Choirul Anam, membacakan penetapan sebanyak 120 calon legislatif terpilih untuk mengisi kursi di DPRD Jawa Timur. Hasil penetapan ini, jika pada periode lalu Partai Kebangkitan Bangsa memimpin jumlah perolehan kursi, pada periode kali ini PDIP berhasil memimpin perolehan kursi di legislatif dengan jumlah 27 kursi. Sementara PKB berada di urutan kedua, dengan jumlah 25 kursi.

Untuk partai politik dengan jumlah kursi terendah adalah Partai Hanura dan Partai Bulan Bintang yang masing-masing memperolehan 1 kursi di legislatif Jatim.

Wakil Ketua DPD PDIP Jatim Sri Untari mengatakan, pihaknya merasa puas dan bangga dengan hasil ini. Meski tidak sesuai dengan target, hasil tersebut dinilai sebuah prestasi karena bertambah 8 kursi dibanding Pemilu 2014 lalu.


Untuk tahapan selanjutnya terkait terpilihnya anggota legislatif tingkat Provinsi Jatim, KPU telah mengusulkan nama-nama tersebut ke Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Jatim untuk dilakukan pelantikan.

Menurut Insan Qoriawan Komisioner KPU Jatim, sebenarnya terdapat 3 permohonan gugatan Pileg di Mahkamah Konstitusi. Namun 3 permohonan gugatan sengketa Pileg tersebut ditolak oleh MK, sehingga hasil Pileg DPRD Jatim bisa ditetapkan pada Senin malam.

"Selanjutnya kami mewajibkan agar anggota legislatif terpilih menyerahkan laporan harta kekayaan atau LHKPN sebagai syarat calon legislatif terpilih dilantik,"  kata Insan Qoriawan. (pul)


Berita Terkait


KPU Jatim Tetapkan 120 Caleg Terpilih

KPU Jatim Tertutup Rapat, Dijaga Ketat Petugas

Penuh Intrupsi dan Aksi Gebrak Meja, Rekapitulasi Suara KPU Jatim Molor

KPU Jatim Masih Menunggu Rekapitulasi 7 Kabupaten Kota


Kapolda Tinjau Pengamanan Rekapitulasi KPU Jatim

KPU Jatim Rekapitulasi Suara Targetkan Tuntas Lima Hari

Polisi Kawal Pengiriman Surat Suara Ke KPU Jatim

KPU Jatim Mencatat 18 Petugas Meninggal Dunia Selama Pemilu

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber